Penampakan Salah Satu Meriam milik Angkatan Laut Turki (Turkish MoD Photo)

Ankara, Aktual.com – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan angkatan laut negaranya akan terus berkembang kuat lantaran meriam angkatan laut domestiknya yang memiliki sistem pengendalian tembakan digital. Erdogan bahkan mengklaim Turki menjadi salah satu negara yang mampu memproduksi sistem persenjataan tersebut.

“Turki telah menjadi salah satu (dari sedikit) negara yang memproduksi sistem senjata ini dengan meriam angkatan laut nasional yang telah dikembangkannya. Meriam angkatan laut nasional memiliki jangkauan efektif 16 kilometer,” kata dia seperti dikutip dari Anadolu Agency.

Menurut Erdogan, Angkatan laut Turki akan menjadi lebih kuat karena senjata tersebut mampu menembakkan 80 tembakan per menit dengan lima mode tembak yang berbeda.

Erdogan menambahkan Turki membutuhkan waktu 12 bulan untuk mengembangkan meriam laut canggoh ini. Komponennya dipasok dari sumber daya domestik maupun nasional.

“Masalah serius mulai dialami baik dari segi biaya maupun waktu pengiriman produk yang berasal dari luar negeri. Kami juga mengalami banyak embargo tak terlihat dan upaya pemblokiran terutama pada periode terakhir,” jelasnya.

(Megel Jekson)