Jakarta, Aktual.co — Perhimpunan Peneliti Hati Indonesia (PPHI) meluncurkan video animasi pertama berisi informasi tentang penyakit Hepatitis C kepada masyarakat sebagai wujud kepedulian dan edukasi pencegahan penyakit tersebut.
“Video animasi ini 100 persen buatan lokal atau anak bangsa. Sehingga harus kita apresiasi bersama. Iklan ini dapat dilihat di situs PPHI dan materi dari iklan ini juga bisa diunduh di situs kami,” kata Ketua PPHI, dr Rino A Gani, pada saat jumpa pers “Hepatitis C: Ayo Periksa, Sembuhkan Segera”, di Siloam Hospitals Jakarta, Rabu (15/10).
Dalam video animasi berdurasi sekitar 3 menit ini, jelas Rano, dijelaskan tentang pengertian penyakit Hepatitis, ciri-ciri jika menderita Hepatitis, penyebab hingga cara agar terhindar dari penyakit tersebut.
Ia berharap dengan adanya video animasi tersebut maka masyarakat bisa mengerti tentang penyakit Hepatitis C ini melalui pendekatan yang sederhana.
“Dengan meningkatnya peran media sosial, informasi ini diharapkan dapat menjangkau lebih banyak masyarakat Indonesia tentang penyakit ini. Pengetahuan masyarakat akan penyakit ini bisa lebih meningkat lagi,” kata Rino.
Menurut dia, banyak orang yang menderita penyakit ini tanpa  gejala dan tidak mengetahui bahwa mereka terjangkit karena kurangnya informasi mengenai Hepatitis C.
Selain video animasi, lanjutnya, pada kesempatan tersebut pihaknya juga meluncurkan buklet yang diunduh gratis di situs PPHI.

()