Jakarta, Aktual.com – Viral, video yang menunjukkan seorang perempuan muda Palestina tersenyum resah usai dipukuli dan diborgol Tentara Israel.

Mengutip Middle East Monitor, Rabu (12/5), perempuan muda itu bernama Mariam Al-Afifi atau Mariam Afifi. Ia merupakan anggota Orkestra Pemuda Palestina.

Dia ditangkap beberapa hari lalu saat protes terhadap penggusuran paksa yang akan dilakukan terhadap penduduk di lingkungan Yerusalem Timur yang diduduki Sheikh Jarrah.

Dalam rekaman video yang viral, sebelum ditangkap, Mariam Afifi tampak diseret dengan hijab merahnya oleh seorang tentara Israel. Dia kemudian tampak dibawa pergi dengan dipegangi 2 tentara.

Beberapa saat, Mariam Afifi tampak diborgol di pinggir jalan. Senyum merekah di wajahnya saat kamera menyorotnya.

Masih dalam video itu, Mariam Afifi terlihat bertanya kepada tentara Israel yang ditugaskan untuk mengawasinya:

“Apa yang saya lakukan? Membela gadis kecil yang dipukuli? Karena itu saya ditangkap? Membela orang yang akan digusur dari rumahnya?” tanyanya.

“Inilah yang Anda inginkan ketika Anda masih kecil? Berada di pihak penindas?” lanjut Mariam Afifi.

Deretan peristiwa itu terekam lewat video dan kemudian viral. Banyak yang salut atas keberanian perempuan muda ini.

“Maryam Afifi, gadis Palestina yang tersenyum bahkan setelah penangkapannya adalah semangat iman yang tidak bisa dikalahkan,” puji seorang warganet.

“Video gadis Palestina yang tak kenal takut, Maryam Afifi, menjadi populer saat ditangkap oleh tentara Israel di Palestina. Tidak ada rasa takut terhadap ledakan, peluru, ataupun penangkapan, yang terlihat di wajah gadis Palestina pemberani ini. Maryam Afifi menyunggingkan senyuman,” puji warganet lainnya.

Saat ini, dilaporkan Maryam Afifi telah dibebaskan dari penangkapan tersebut.(RRI)

(Warto'i)