Para mahasiswa juga menampilkan kesenian tradisional Dayak yang menyimbolkan keperihatinan dimana wilayah Kalimantan, Sumatera yang dimana kabut asap belum terselesaikan dan semakin memparah.

Muntok, Aktual.com – Wakil Bupati Bangka Barat Markus mengajak generasi muda mencintai seni tradisional untuk memperkaya khasanah budaya nasional yang memiliki nilai kearifan lokal.

“Kami akan terus mendorong upaya pelestarian melalui berbagai pola secara berkesinambungan berbagai seni tradisi yang kaya akan nilai kearifan lokal,” kata dia di Muntok, Jumat (6/7).

Menurut dia, pelaksanaan kegiatan Festival Bumi Sejiran Setason yang baru kali pertama digelar merupakan salah satu inovasi pemerintah dalam mendukung pelestarian budaya lokal.

Festival Bumi Sejiran Setason dilaksanakan pada 5 hingga 6 Juli 2018 di Lapangan Gelora Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menampilkan lomba seni tradisi berupa seni campak, dambus, rudat dan rebana, serta lomba seni tari kreasi.

Selain itu, berbagai program bantuan kepada sanggar seni yang ada di daerah itu juga merupakan bagian dari keseriusan pemerintah dalam memberikan motivasi bagi para pegiat seni tradisi.

(Andy Abdul Hamid)