Jakarta, Aktual.com — Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terus ‘mempercantik’ area-area yang akan dijadikan pusat peringatan hari Kemerdekaan RI ke-70 di Jakarta. Namun, nada kecewa justru datang dari Wakil Gubernur DKI Djarot Saiful Hidayat saat melihat kondisi kawasan Tugu Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat.

Taman tersebut tampak kumuh dan kotor. Bahkan tiang bendera yang mestinya memiliki tinggi 17 meter, ternyata hanya setinggi 10 meter.

“Ini kenapa hanya segini tingginya ? Berapa tinggi tiang bendera secara nasional kan 17 meter ,” tanya Djarot kepada Walikota Jakarta Pusat Mangara Pardede dan Kepala UP Monas Rini Hariani.

Djarot kemudian menghubungi Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) DKI, Ratiyono. “Saya tidak mau tahu ya pak, bagaimana pun juga saya minta ini (tiang bendera) harus segera diganti, Paling lambat tanggal 12 Agustus, tiang bendera setinggi 17 meter sesuai standar nasional terbuat dari bahan stainless stell sudah terpasang di Tugu Proklamasi,” pinta Djarot.

Selain pergantian tiang bendera, Djarot juga mengomentari belum terpasangnya sejumlah ornamen kemerdekaan diantaranya bendera ataupun umbul-umbul yang menyemarakkan Hari Kemerdekaan.

Djarot meminta seluruh kawasan Tugu Proklamasi sudah bersih, rapih dan dilengkapi dengan ornamen merah putih pada Minggu (9/8). “Kenapa saya minta kawasan Tugu Proklamasi dirapihkan serta dipasangi ornamen merah putih? Tujuannya agar kawasan ini dikenal oleh semua orang, bahwa di tempat inilah diproklamirkan kemerdekaan RI. Tadi malam saya keliling dan merasa kok belum ada ya nuansa bahwa sebentar lagi umur kita 70 tahun,” paparnya.

(Bawaan Situs)