Jakarta, Aktual.com – Wakil Menteri Pertanian (Wamentan), Harvick Hasnul Qolbi menerima kunjungan Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu di ruang kerjanya, Jakarta, Selasa (15/11/2022).

Pertemuan tersebut untuk membahas potensi komoditas pertanian di Kabupaten Dairi, Sumatera Utara, mulai dari hulu sampai ke hilir.

Wamentan Harvick, dalam keterangannya, mendorong potensi komoditas pertanian di Sumut, khususnya Kabupaten Dairi, bisa bersaing dalam menopang perekonomian daerah.

“Di masa penuh ketidakpastian saat ini, sektor pertanian masih menjadi andalan perekonomian di daerah. Maka dari itu, Pemerintah Kabupaten Dairi perlu mendorong komoditas pertaniannya memiliki daya saing,”kata Wamentan.

Menurutnya potensi sektor pertanian Dairi diharapkan dapat mendukung kedaulatan pangan nasional. Oleh sebab itu Wamentan meminta agar produktivitas pertanian Dairi Sumut lebih ditingkatkan lagi.

Untuk peningkatan hasil pertanian, Wamentan mendorong agar para petani bisa memanfaatkan teknologi tepat guna. Sehingga mereka terpacu untuk terus mengembangkan pertanian.

“Peningkatan hasil pertanian di Dairi juga perlu memanfaatkan kecanggihan teknologi. Sehingga, selain dapat meningkatkan produktivitas, juga diharapkan dapat mewujudkan kedaulatan pangan nasional,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu mengatakan pihaknya akan mensuplai bahan kebutuhan pokok untuk Kota Medan, terutama cabai, sebagai upaya pengendalian inflasi.

“Sebab, cabai merupakan salah satu komoditi penyumbang inflasi tertinggi di Kota Medan dan Kabupaten Dairi merupakan daerah penghasil cabai terbesar di Sumatera Utara, katanya.

(A. Hilmi)