Jakarta, Aktual.com – Wakil Menteri Pertanian (Wamentan), Harvick Hasnul Qolbi menghadiri Gathering Forum Bisnis Indonesia-Saudi Arabia yang diinisiasi oleh Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD-RI) di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis (29/9/2022).

Sekretaris Jenderal DPD RI, Rahman Hadi mengatakan kegiatan forum bisnis ini dalam rangka mempromosikan potensi sumber daya alam dan peluang investasi di Indonesia kepada pengusaha Timur Tengah, khususnya Saudi Arabia.

“Pemerintah Indonesia selalu membuka peluang kepada investor untuk berinvestasi di Indonesia. Pada kesempatan ini juga kami menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada teman-teman pengusaha Saudi Arabia yang bersedia berinvestasi di Indonesia,” katanya.

Sementara itu, Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) RI, Harvick Hasnul Qolbi menuturkan bahwa investasi di sektor pertanian sangat diperlukan untuk mendukung peningkatan produktivitas pangan dan nilai tambah.

Wamentan Harvick mencontohkan, investasi di pertanian tersebut seperti pembangunan infrastruktur pertanian maupun irigasi.

“Pembangunan infrastruktur pertanian juga merupakan salah satu cara untuk membuka peluang investasi,” ungkapnya.

Wamentan juga mengatakan kehadirannya bersama KADIN Saudi Arabia ini selaras dengan pertemuan pertemuan global forum Agriculture Ministers Meeting (AMM) Group of Twenty (G20) Indonesia dalam meningkatkan kerjasama di bidang pertanian.

Wakil Menteri Pertanian (Wamentan), Harvick Hasnul Qolbi bersama perwakilan KADIN Saudi Arabia dalam acara Gathering Forum Bisnis Indonesia-Saudi di Jakarta. Foto: Istimewa/AKTUAL
Wakil Menteri Pertanian (Wamentan), Harvick Hasnul Qolbi bersama perwakilan KADIN Saudi Arabia dalam acara Gathering Forum Bisnis Indonesia-Saudi di Jakarta. Foto: Istimewa/AKTUAL

Adapun investor dari Saudi Arabia dipimpin oleh Hamad Daefullah Al Mabadi selaku Ketua Asosiasi Pengusaha Arabia atau KADIN Saudi Arabia beserta rombongan delegasi lainnya.

Sementara investor dari Indonesia dipimpin oleh Muhammad Danial Nafis selaku pengusaha nasional.

Turut hadir juga Staf Khusus Wakil Menteri Perdagangan Isto Widodo, Dirjen Pengembangan Ekspor Marolop Nainggolan, Direktur Kepelabuhan Perikanan, Dirjen Perikanan Tangkap Kementerian KKP Tri Aris Wibowo, Direktur Pemasaran, Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan Kementerian KKP, Erwin Dwiyana.

(A. Hilmi)