Wakil Menteri Pertanian (Wamentan), Harvick Hasnul Qolbi (tengah) bersama Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi (kanan) dan Pangdam I/Bukit Barisan, Mayjen TNI Achmad Danil Chardin (kiri) usai tanam jagung di Makodam Bukit Barisan, Deli Serdang, Senin (25/7). Foto: Hilmi/Aktual
Wakil Menteri Pertanian (Wamentan), Harvick Hasnul Qolbi (tengah) bersama Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi (kanan) dan Pangdam I/Bukit Barisan, Mayjen TNI Achmad Danil Chardin (kiri) usai tanam jagung di Makodam Bukit Barisan, Deli Serdang, Senin (25/7). Foto: Hilmi/Aktual

Deli Serdang, Aktual.com – Wakil Menteri Pertanian (Wamentan), Harvick Hasnul Qolbi melakukan kunjungan kerja di Markas Komando Daerah Militer (Kodam) I/ Bukit Barisan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Senin (25/7/2022). Kunjungan kerja Wamentan tersebut dalam rangka peletakan batu pertama pembangunan Pendopo Ketahanan Pangan sekaligus menanam benih jagung di lahan seluas 19,5 hektar.

Pada kesempatan itu, Wamentan menilai TNI merupakan mitra strategis Kementerian Pertanian (Kementan) dalam memperkuat kedaulatan pangan nasional.

Ia mengatakan bahwa mengatakan, Kementan dan TNI telah menjalin kerjasama sejak lama. Bahkan, kerjasama tersebut semakin diperkuat dengan kunjungan Panglima TNI ke kantor Kementan beberapa waktu lalu.

“MoU bersama Panglima TNI (pada) Minggu kemarin itu hanyalah sebagai penanda saja. Karena jauh sebelum itu, TNI sudah menjadi mitra bagi Kementan dalam berbagai persoalan ketahanan pangan,” kata Wamentan Harvick.

Ia pun berharap, kegiatan Posko Ketahanan Pangan Nasional di Makodam Bukit Barisan ini dapat mendukung kedaulatan pangan, hingga ketahanan nasional. Sebab, menurutnya, ketahanan pangan menjadi salah satu variabel terwujudnya ketahanan nasional.

“Melalui program ketahanan pangan ini, kami berharap TNI ikut bertekad untuk mensukseskan kedaulatan pangan nasional,” harapnya.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi mengapresiasi kinerja Wamentan Harvick yang terus memotivasi para petani. Mantan Pangkostrad itu pun memuji semangat dan kekuatan fisik Wamentan Harvick yang melebihi para tentara.

“Saya salut dengan Dinda Wamentan ini, semangat dan akselerasinya melebihi tentara. Beliau berkeliling ke seluruh Indonesia untuk memberikan semangat kepada para petani tanpa lelah,” ujar mantan Ketua Umum PSSI.

Gubernur Edy juga berharap kepada Wamentan untuk terus membangun kerjasama dengan banyak pihak, khususnya pihak TNI untuk menindaklanjuti MoU Ketahanan Pangan antara Kementerian Pertanian (Kementan) dengan TNI.

“Adanya MoU antara Kementan dengan TNI yang ditandatangani oleh Menteri dan Panglima TNI, merupakan langkah yang bagus untuk ketahan pangan bangsa. Saat ini TNI tidak saja mengurusi urusan pertahanan tetapi juga urusan ketahanan, khususnya pangan ini,” lanjutnya.

Dalam kegiatan tersebut, tampak hadir Panglima Kodam Bukit Barisan, Mayjen TNI Achmad Danil Chardin, Bupati Deli Serdang, Ashari Tambunan, dan sejumlah pejabat Forkopimda Provinsi Sumut.

(A. Hilmi)