Asahan, Aktual.com – Bupati Asahan, Surya mengungkapkan daerahnya memiliki berbagai potensi di sektor pertanian maupun peternakan. Menurutnya, Kabupaten Asahan pada tahun 2021 memproduksi cabai besar hingga 959,2 ton dengan rata-rata produksi mencapai 65,92 kuital per hektar.

Untuk produksi padi di Kabupaten Asahan, pada Tahun 2021, produksi padi sawah mencapai 73.134,47 ton dengan rata-rata produksi 56.91 kuintal/ha. Dimana kecamatan dengan produksi padi terbesar adalah Kecamatan Rawang Panca Arga, Sei Kepayang dan Meranti.

“Kabupaten Asahan juga merupakan salah satu sentra perkebunan di Sumatera Utara. Beberapa komoditas penting yang dihasilkan perkebunan di Kabupaten Asahan adalah karet, kelapa sawit, coklat dan kelapa,” kata Surya saat menerima kunjungan kerja Wakil Menteri Pertanian (Wamentan), Harvick Hasnul Qolbi di Pendopo Bupati Asahan, Sumatera Utara, Jumat (16/9/2022).

Untuk Potensi Peternakan, lanjutnya, terdapat produksi daging unggas yang terbesar adalah ayam ras pedaging sebanyak 18.534,62 ton, untuk ternak kecil yang terbesar adalah kambing/domba yaitu 169,35 ton dan untuk ternak besar adalah sapi dengan produksi daging sebesar 647,52 ton.

“Kehadiran bapak Wakil Menteri Pertanian dan Wakil Gubernur Sumatera Utara ini dapat menambah semangat kami untuk terus melakukan perbaikan-perbaikan guna peningkatan produksi dan produktivitas pertanian di Kabupaten Asahan,” ucapnya.

Wakil Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Musa Rajekshah menambahkan kendala sektor pertanian di Sumut saat ini ialah belum optimalnya hilirisasi yang dapat menampung hasil akhir pertanian masyarakat. Sehingga hal ini menyebabkan kondisi harga yang tidak stabil.

Ia pun mendorong agar Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di Provinsi Sumut dapat berperan aktif untuk membeli hasil pertanian masyarakat.

“Harapan kami, dari program-program Kementerian Pertanian yang sudah bapak bantu dapat semakin tumbuh berkembang pada kelompok tani dan ternak yang ada di Sumatera Utara,” harapnya.

Wakil Menteri Pertanian (Wamentan), Harvick Hasnul Qolbi mengapresiasi kinerja sektor pertanian di Sumatera Utara. Wamentan berharap sektor pertanian di Sumut dapat mencukupi kebutuhan pangan daerah lainnya.

“Tadi pak Wagub dan pak Bupati menyampaikan bagaimana perkembangan sektor pertanian di Sumut ini sudah luar biasa. Di Asahan sendiri, padinya punya varietas khusus. Mudah-mudahan tidak hanya menyumbang untuk kebutuhan di Sumut saja, tapi juga bisa ke seluruh daerah lainnya,” tuturnya.

Dalam kunjungan kerjanya tersebut, Wamentan menyerahkan sejumlah bantuan dari Kementerian Pertanian kepada kelompok tani. Wamentan Harvick juga turut meninjau lokasi pembibitan kultur jaringan bibit pisang barangan merah.

Turut hadir pula Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin, Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin, Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak, Kapolres Asahan AKBP Roman Smaradhana Elhaj, serta Forkopimda Asahan lainnya.

(A. Hilmi)