Jakarta, Aktual.com – Anggota DPD RI, Abdul Hakim mengunjungi ruang kerja Wakil Menteri Pertanian (Wamentan), Harvick Hasnul Qolbi di Jakarta pada Selasa (20/9/2022). Senator asal Lampung itu menyampaikan bahwa di daerahnya tengah mengembangkan sektor pertanian, peternakan, dan perkebunan.

Menurutnya, sektor pertanian berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi Lampung.

“Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Lampung, pada triwulan III tahun 2021 pertumbuhan ekonomi Lampung ditopang oleh pertanian,” katanya kepada Wamentan Harvick.

Pemerintah Provinsi Lampung sendiri mencatat, Lampung berkontribusi untuk produksi kopi robusta sebesar 22,63% terhadap produksi nasional, lada hitam 27,58%, dan nanas kaleng 26% untuk kebutuhan dunia. Selain itu kini juga muncul beberapa komoditas ekspor pertanian lainnya, seperti manggis dan porang.

Abdul Hakim, yang juga kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tersebut berharap dukungan maupun arahan dari Wamentan untuk membangun sektor pertanian di Lampung.

Menanggapi hal itu, Wamentan Harvick menyampaikan bahwa upaya mewujudkan kedaulatan pangan perlu dilakukan kerjasama oleh lintas sektor.

Peningkatan kapasitas produksi, tambahnya, menjadi hal yang mutlak dilakukan. Sebab, selain dapat mewujudkan kedaulatan pangan, peningkatan produktivitas pertanian juga akan berdampak terhadap membaiknya perekonomian masyarakat.

“Jadi memang pemerintah selalu mendorong peningkatan produksi di sektor pertanian, karena dapat memperbaiki ekonomi masyarakat. Sehingga tidak hanya kedaulatan pangan saja, tetapi perekonomian warga juga terbantu,” ujar Wamentan.

(A. Hilmi)