Jakarta, Aktual.com – Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan kebijakan politis yang tegas menjadi kunci agar perekonomian Indonesia mengalami transformasi dari sektor pertanian tradisional menjadi industri, sehingga tidak tertinggal dari negara-negara di Asia.

“Transformasi itu berjalan dari kebijakan yang keras. Kita memang perlu itu. Jangan kita bikin suatu aturan ketat, tapi kemudian permisif, ubah lagi aturan itu, akhirnya kita tidak mencapai kecepatan. Maka dibutuhkan transformasi itu dengan kebijakan yang keras,” kata Wapres JK dalam Seminar Nasional Transformasi Ekonomi untuk Indonesia Maju di Hotel Borobudur Jakarta, Jumat (9/8).

Selain kebijakan politik, perubahan industri juga memerlukan jumlah wirausahawan yang tinggi, penguasaan teknologi serta modal untuk menjalankan bisnis.

Sehingga, untuk menjadikan Indonesia sebagai negara dengan ekonomi maju harus melibatkan Pemerintah serta masyarakat sebagai pelaku usaha dan konsumen.

“Nilai tambah itu harus dilakukan secara bersama, caranya dengan penguasaan teknologi, ada modal, baru bisa mengubah semua ini dengan political will Pemerintah. Inti daripada transformasi itu bukan hanya kebijakan, tapi juga menimbulkan entrepreneur,” jelasnya.

(Abdul Hamid)