Jakarta, Aktual.co — Wakil Presiden Jusuf Kalla memastikan jika pengumuman penaikan harga bahan bakar minyak bersubsidi akan dilakukan oleh Presiden Joko Widodo.
Namun JK membantah jika pengumuman akan dilakukan oleh presiden di luar negeri. Hal itu mengingat pekan depan Presiden Jokowi akan melakukan kunjungan pertamanya ke luar negeri.
Sejumlah negara yang akan disambangi Jokowi antara lain Tiongkok, Myanmar dan Australia, dengan waktu perjalanan sekitar satu minggu.
“Yang mengumumkan itu Presiden, tidak di luar negeri,” kata Wapres JK kepada wartawan di kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jumat (7/11).
JK mengatakan tahap pertama menaikkan harga BBM adalah mengeluarkan Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).
Setelah ketiga kartu tersebut diluncurkan pekan lalu, pemerintah masih menunggu penyebarannya merata sebelum menaikkan harga.
Wakil Presiden juga sempat mengatakan bahwa kebijakan menaikkan harga BBM itu akan dilakukan November ini, namun JK tidak menyebutkan tanggal pastinya.

()