Banjarmasin, Aktual.com – Wakil Presiden RI K.H. Ma’ruf Amin membuka secara resmi Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional ke-29 tahun 2022 di Kiram Park, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Rabu (12/10) malam.

Ia hadir bersama istri dan Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas dalam acara bertempat di objek wisata alam pegunungan tersebut.

Wapres memukul beduk tanda dimulai MTQ Nasional ke-29 tersebut yang berlangsung 10-19 Oktober 2022, bertempat di tiga daerah, yakni,Kabupaten Banjar, Kota Banjarbaru, dan Kota Banjarmasin.

Ia menyampaikan perkembangan kehidupan beragama selama ini di Indonesia relatif menggembirakan, terutama pada tingkat ritual keagamaan yang didukung meningkatnya sarana dan fasilitas keagamaan.

Salah satu programnya, lanjut dia, peningkatan pemahaman dan pengembangan nilai keagamaan di masyarakat, di antaranya melalui MTQ.

“Ini adalah syiar Islam dan ikhtiar untuk mengagungkan kalam ilahi untuk mengukuhkan kesuciannya, memperkuat fungsi edukasi pada kitab suci Al Quran pada umat Islam,” ujarnya.

Wapres Ma’ruf Amin juga mengapresiasi tema yang diangkat pada MTQ Nasional ke-29, yakni “Dalam MTQ tahun ini kita tingkatkan kualitas SDM yang unggul dan qurani untuk mewujudkan masyarakat yang religius dan moderat”.

“Saya nilai (tema ini, red.) sangat tepat dengan kondisi saat ini,” ujar dia.

Ia menyatakan sejak dimulai pada 1968, MTQ telah memberikan dampak besar dalam membangun kecintaan masyarakat terhadap Al Quran, dapat terlihat dari pesantren Al Quran, Lembaga Penghapal Al Quran yang mengalami peningkatan signifikan setiap tahun.

Pelaksanaan MTQ pun, kata dia, mengalami pengembangan yang pesat dalam cabang dan golongan yang dilombakan.

“Ini menunjukkan perhatian pemerintah dalam MTQ ini demi mewujudkan tatanan masyarakat yang religius dan berakhlak qurani. Mari kita jadikan MTQ ini sebagai wahana untuk menumbuhkan ukhuwah Islamiah, ukhuwah watoniah dan ukuwah insaniah,” tuturnya.

Wapres menyampaikan apresiasi atas kesiapan yang amat baik dari Provinsi Kalimantan Selatan sebagai tuan rumah MTQ tahun ini.

“Saya sampaikan pula penghargaan yang tinggi panitia pelaksana dan seluruh yang terlibat,” ujarnya.

Dalam pembukaan MTQ Nasional ke-29 tersebut, ditampilkan pula kesenian senoman hadrah dan parade kafilah dari semua provinsi.

(Antara)

(As'ad Syamsul Abidin)