Boyolali, Aktual.com – Seribuan orang warga di lereng Gunung Merapi tepatnya Desa Sukabumi, Kecamatan Cepogo Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Sabtu, mengikuti upacara tradisi “Sadranan” yang digelar setiap tahun menjelang Bulan Puasa.

Warga Desa Sukobumi sebelum mengikuti upacara ritual sadranan, sejak Sabtu pagi sudah datang di tempat pemakaman umum Puroloyo di Desa Sukabumi untuk melakukan gotong royong bersih-bersih makam leluhurnya.

Warga kemudian bersama sanak saudaranya kemudian datang kembali ke tempat pemakaman dengan membawa tenong berbentuk bundar berisi beranekan ragam makanan untuk disedekahkan sesama masyarakat usai upacara sadranan.

Mereka berkumpul bersama di halaman tempat pemakaman berdoa dengan dipimpin oleh Kiai Haji M Suparno juga seorang tokoh masyarakat desa setempat untuk mendoakan para leluhur yang dimakamkan di tempat itu. Setelah itu, warga kemudian membuka tenong yang berisi keaneka ragam jenis makanan untuk dibagikan ke masyarakat.

Menurut Ustad Suparno selaku tokoh masyarakat Desa Sukabumi uacara ritual sadranan merupakan agenda tahunan yang dilakukan masyarakat setiap menjelang Ramadhan. Mereka yang merantau ke daerah lain pulang kampung untuk menyempatkan hadir mengikuti upacara sadranan.

“Warga mendoakan para leluhur dan bersyukur atas limpahan kemakmuran dari Tuhan Yang Maha Esa yang diberikan,” kata Suparno.

()