Sejumlah kendaraan menerobos genangan setinggi 30 cm saat hujan di Kawasan Green Garden, Kedoya, Jakarta Barat, Senin (13/11). Genangan air terjadi karena tingginya intensitas hujan pada sore hari dan buruknya drainase di kawasan tersebut. AKTUAL/Tino Oktaviano

Jakarta, Aktual.com – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan warga Jakarta untuk mewaspadai cuaca buruk yang berpotensi turun pada hari ini, Jum’at (8/12).

Menurut BMKG, Jakarta akan kembali berpotensi diguyur hujan yang disertai petir dan angin kencang setelah dinaungi cuaca cerah dalam seminggu terakhir.

“Waspada potensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang durasi singkat di wilayah Jaksel dan Jaktim pada sore menjelang malam hari,” demikian peringatan BMKG dalam laman resminya, bmkg.go.id.

Meskipun menyebut spesifik Jakarta Selatan dan Jakarta Timur, tetapi dalam tabel prakiraan cuaca BMKG, semua wilayah daratan Jakarta memiliki potensi untuk diguyur hujan petir sejak Jum’at siang.

Sementara, wilayah Kepulauan Seribu menjadi pengecualian karena diprediksi hanya diselimuti awan pada siang hingga sore.

Cuaca hujan di wilayah ibu kota sendiri diperkirakan hanya terjadi pada siang hingga sore saja. Sedangkan pada pagi dan malam hari, semua wilayah diprediksi BMKG dalam kondisi berawan.

Suhu udara di Jakarta sepanjang hari ini diperkirakan akan berkisar pada 24-30 derajat Celcius dengan tingkat kelembaban antara 70 hingga 100 persen.

Laporan: Teuku Wildan A.

(Andy AbdulHamid)