Wisata di Kota Batu (Ist)

Batu, Aktual.com – Pelaku usaha destinasi wisata di wilayah Kota Batu, Jawa Timur, bersiap untuk melakukan uji coba operasional pada masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat level 3.

Direktur Utama Taman Rekreasi Selecta Kota Batu Sujud Hariadi mengatakan bahwa saat ini tengah melakukan optimalisasi upaya sosialisasi sejumlah aturan baru sebelum destinasi wisata tersebut dibuka untuk wisatawan.

“Banyak aturan baru, saya perlu memaksimalkan di internal karyawan, agar mereka benar-benar paham,” kata Sujud, Kamis (9/9).

Sujud menambahkan, pihaknya belum bisa memastikan kapan Taman Rekreasi Selecta tersebut dibuka untuk uji coba. Namun, ada sejumlah persyaratan utama baru yang harus bisa diterapkan pada saat destinasi wisata tersebut dibuka untuk wisatawan.

Menurut dia, sejumlah aturan baru itu antara lain adalah penggunaan aplikasi PeduliLindungi, tidak dioperasikannya wahana air, dan anak dengan usia di bawah 12 tahun tidak diperbolehkan untuk masuk ke taman wisata.

Selain itu, lanjutnya, jumlah wisatawan yang diperbolehkan untuk memasuki kawasan wisata tersebut hanya sebanyak 25 persen dari total kapasitas daya tampung. Sebagai informasi, kapasitas maksimal Taman Rekreasi Selecta ditetapkan sebanyak 10 ribu pengunjung.

“Dari pusat sudah clear aturannya. Kapasitas 25 persen, itu sudah jelas semua. Kita juga ada laporan harian ke pusat langsung untuk evaluasi,” ujarnya.

Ia mengharapkan uji coba tersebut nantinya bisa berjalan dengan baik, karena Taman Rekreasi Selecta merupakan salah satu destinasi wisata yang dijadikan percontohan. Jika berjalan lancar, diharapkan destinasi wisata lain juga diizinkan untuk beroperasi.

“Ini beban moral untuk kami. Karena kalau kami tidak sukses, lainnya tidak bisa buka. Tapi kalau kami bisa sukses, yang lain bisa mengikuti. Oleh karena itu kami perlu ada persiapan dari internal kami,” ujarnya.

Di wilayah Kota Batu, ada dua destinasi wisata yang akan melakukan uji coba operasional dan dibuka untuk para wisatawan. Dua destinasi wisata yang akan melakukan uji coba operasional tersebut adalah Jatim Park 2 atau Batu Secret Zoo, dan Taman Rekreasi Selecta Kota Batu.

Saat ini, wilayah Kota Batu masih menerapkan masa PPKM level 3. Sesungguhnya, dalam masa PPKM level 3, destinasi wisata masih belum diizinkan untuk beroperasi. Jika suatu wilayah memasuki level 2 PPKM, maka destinasi wisata diperbolehkan untuk beroperasi.

Hingga saat ini, secara keseluruhan di wilayah tersebut, ada sebanyak 3.015 kasus konfirmasi positif Covid-19. Dari total tersebut, sebanyak 2.714 orang dilaporkan telah sembuh, 256 orang dinyatakan meninggal dunia, dan sisanya berada dalam perawatan.

(Wisnu)