Sabinyo volcano and thick forest, habitat of the endangered Mountain gorilla Virunga National Park, Democratic Republic of Congo

Jakarta, Aktual.com — Republik Demokratik Kongo adalah sebuah Negara di Afrika bagian Tengah. Negara ini berbatasan dengan Republik Afrika Tengah dan Sudan di sebelah utara; Uganda, Rwanda, Burundi, dan Tanzania di timur; Zambia dan Angola di selatan; dan Republik Kongo di Barat.

Daerah yang sekarang dikenal sebagai Republik Demokratik Kongo sudah dihuni sejak sekitar dua juta tahun yang lalu. Berbagai budaya berkembang silih berganti sampai akhirnya muncul kerajaan Luba di tahun 1500.

Tanah yang kaya akan sumber daya mineral seperti tembaga dan besi memungkinkan orang Luba membangun jaringan perdagangan yang luas. Meskipun banyak kebudayaan lain, budaya Luba memiliki pengaruh terbesar pada cara hidup bangsa Kongo di zaman modern.

Di Kongo memiliki Beberapa tempat menarik yang seru dijadikan sebuah wisata petualang. Salah satunya sungai terbesar di Afrika tengah Kongo, Air terjun Boyoma dan masih banyak cagar alam lainnya. Berikut tempat-tempat menarik yang dirangkum Aktual.com mengenai destinasi wisata di Kongo:

1. Air terjun Boyoma
Air terjun Boyoma, merupakan air terjun dengan volume terbesar, 17.000 m³/s (600,000 kaki³/s), di Sungai Kongo, Republik Demokrasi Kongo

Boyoma Falls, sebelumnya dikenal sebagai Stanley Falls, terdiri dari tujuh katarak, masing-masing tidak lebih dari 15 ‘tinggi, memperluas selama lebih dari 100 km (60 mil) sepanjang kurva sungai Lualaba antara kota-kota pelabuhan sungai Ubundu dan Kisangani atau Boyoma di wilayah Orientale Republik Demokratik Kongo.

2. Sungai Kongo
Sungai Kongo (juga disebut Sungai Zaire, red) adalah sungai terbesar di Afrika Tengah bagian Barat. Sungai ini memiliki panjang sekitar 4.700 km, menjadikannya sebagai sungai terbesar kedua di Afrika (setelah sungai Nil). Sungai ini mengalir melalui hutan hujan terbesar di dunia. Nama Kongo berasal dari Kerajaan Kongo. Dari tahun 1971 sampai 1997, pemerintah Zaire menyebutnya Sungai Zaire.

3. Taman Nasional Virunga
Taman Nasional ini membentang dari Pegunungan Virunga di selatan hingga Pegunungan Rwenzori di utara. Didirikan pada tahun 1926 silam. Taman nasional ini merupakan situs warisan dunia dengan tujuh gunung berapi di dalamnya. Dijuluki sebagai ‘wisata neraka’ karena Taman Nasional ini Anda dapat menyaksikan atraksi Gunung Berapi Nyamulagira yang lavanya terus meleleh keluar dari gunung.

Di sini wisatawan bisa tinggal di tenda-tenda untuk menyaksikan sensasi pemandangan ‘neraka’ berupa letusan gunung berapi yang berkelanjutan dan air mancur lava setinggi ratusan meter.

4. Taman Nasional Geramba
Taman Nasional Garamba, terletak di Republik Demokratik Kongo di Afrika, didirikan tahun 1938. Salah satu Taman Nasional tertua di Afrika ini, menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1980. Garamba adalah tempat tinggal populasi alam terakhir badak putih utara di dunia.

()