Zabivaka (Foto: Istimewa)
Zabivaka (Foto: Istimewa)

Jakarta, Aktual.com – Zabivaka sang serigala mengikuti jejak Naranjito si buah jeruk, Footix si ayam jantan, dan Fuleco si trenggiling setelah ditunjuk sebagai maskot resmi untuk Piala Dunia 2018 pada Sabtu (22/10).

FIFA menjelaskan kreasi terkini itu, yang diperkenalkan pada acara siaran langsung televisi oleh deputi perdana menteri Rusia Vitaly Mutko dan mantan penyerang Brazil Ronaldo, sebagai “serigala yang meradiasikan kegembiraan, pesona, dan kepercayaan diri.” Sang serigala, yang menurut FIFA namanya bermakna “seseorang yang mencetak gol,” mendapatkan 53 persen dari lebih satu juta suara dalam jajak pendapat, menaklukkan harimau (27 persen) dan kucing (20 persen).

“Saya yakin Zabivaka akan menjadi populer di kalangan para penggemar di Piala Konfederasi dan Piala Dunia 2018 di Rusia,” kata Mutko, yang juga merupakan kepala Persatuan Sepak Bola Rusia (RFU) dan komite panitia lokal.

“Maskot kami ditugaskan bersama para penggemar yang terinspirasi, memperluas populasi yang terlibat dalam sepak bola dan mengundang mereka ke stadion-stadion agar dapat memiliki pengalaman yang layak dikenang dan emosi-emosi positif.” “Jutaan penggemar sepak bola Rusia ambil bagian dalam pemungutan suara dan hal ini berarti Zabivaka akan melakukan pekerjaan tidak ternilai dalam mewakili negara kami di seluruh dunia.” Mutko ditunjuk sebagai deputi perdana menteri untuk olahraga, pariwisata, dan kebijakan anak muda pada Rabu, promosi yang efektif dari peran sebelumnya sebagai menteri olahraga. Pada Kamis, ia berkata dirinya mungkin akan mengundurkan diri sebagai presiden RFU.

Maskot-maskot lain dalam beberapa tahun terakhir termasuk “Zakumi,” leopard dari Afrika Selatan 2010, “Pique” cabai dari Meksiko 1986, seekor singa bernama “Piala Dunia Willie” dari Inggris pada 1966, dan “Gauchito,” dari Argentina pada 1978.

Naranjito adalah maskot Spanyol pada 1982 dan Footix mewakili Prancis pada 1998.

“Maskot-maskot adalah duta yang hebat untuk mempromosikan acara dan membawa begitu banyak kegembiraan di stadion-stadion,” kata Ronaldo. “(Zabivaka) tentu saja akan dikenang untuk kurun waktu yang lama oleh para penggemar sepak bola di seluruh dunia.” (Ant)

(Antara)