Jakarta, aktual.com – Zawiyah arraudhah Ihsan Foundation mengadakan pembacaan riwayah dan sanad ijazah kitab al-Arbain an-Nawawiyah bersama Ulama besar Mesir dan Penasihat Presiden Mesir, Syekh Usama Sayyid al-Azhari.

Dalam kesempatan tersebut hadir pula beberapa ‘alim ulama yang turut mendengarkan nasihat-nasihat serta pelajaran yang disampaikan oleh Syekh Usama Sayyid al-Azhari.

Beliau mengatakan bahwa kitab al-Arba’in an-Nawawiyah merupakan sebuah kitab yang akan membentuk kepribadian seorang muslim agar lebih baik lagi.

“Hal yang terpenting dari buku ini, buku ini mengandung hadits yang dapat membentuk kepribadian seorang muslim dan membentuk logikanya,” ungkapnya, Tebet, Jakarta, Kamis (17/11) lalu.

Selain membentuk kepribadian, Syekh Usama mengungkapkan bahwa kitab al-Arba’in al-Nawawiyah ini juga akan membentuk logika pemikiran seorang muslim dengan tetap berlandaskan kepada al-Maqashid asy-Syari’ah.

“Buku ini juga dapat membentuk logika seorang muslim yang logikanya akan terbentuk rapi. Dan juga membentuk logika pemikiran dari Maqashid asy-Syari’ah. dan akan menjaga logika pemikiran seorang muslim dari logika-logika pemikiran kelompok ekstrem,” ucapnya.

Dalam salah satu penggalan hadith perihal berbuat baik kepada manusia, beliau menyampaikan bahwa ketika seorang muslim diberi pilihan dalam bermu’amalah dengan mereka. Maka pilihlah setiap perbuatan yang menunjukkan sikap paling baik kepada mereka.

“Maka ketika engkau berinteraksi dengan manusia maka ada dua pilihan, ahsan (lebih baik) atau hasan (baik) maka pilihlah yang ahsan. Karena Allah Swt dalam al-Qur’an senantiasa menggantungkan seorang manusia kepada sesuatu yang lebih sempurna dan yang lebih mulia,” ucap Syekh Usamah.

(Rizky Zulkarnain)