Ribuan narapidana dan petugas lapas melaksanakan Shalat Idul Fitri di Rutan Kelas I Cipinang, Jakarta, Minggu (25/6/2017). Hari Raya Idul Fitri 1438 H disambut umat Muslim dengan melaksanakan Shalat Id di sejumlah masjid dan tempat terbuka. AKTUAL/Munzir

Padang, Aktual.com – Jamaah Tarekat Naqshabandiyah Surau Baitul Makmur, Pasar Baru, Kecamatan Pauh, Padang dengan jumlah pengikut sekitar 100 telah berlebaran ditandai dengan pelaksanaan shalat Idul Fitri 1440 Hijriah pada Senin (3/6) pagi.

Pelaksanaan Shalat Idul Fitri di Surau Baitul Makmur yang berlokasi 15 kilometer dari pusat Kota Padang dimulai sejak pukul 08.00 WIB berlangsung dengan khidmat dan khusyuk diawali dengan membaca lafaz takbir oleh seluruh jamaah.

Namun ada yang berbeda dalam pelaksanaan Shalat Idul Fitri, usai shalat biasanya langsung dilanjutkan dengan khutbah, tetapi jamaah Naqshabandiyah melanjutkannya dengan kembali bertakbir dan membaca doa bersama sekitar 30 menit.

Setelah itu, dilanjutkan dengan pembacaan khutbah Idul Fitri oleh mursyid (pimpinan) Jamaah Tarekat Naqshabandiyah Surau Baitul Makmur, Syafri Malin Mudo.

Khutbah dibacakan dalam bahasa Arab yang didahului oleh kumandang adzan oleh salah seorang jamaah.

(Abdul Hamid)