Jakarta, Aktual.co —  Sebanyak 14 negara mengikuti kejuaraan bersepeda yang bertema “United Bike Presents Asia Pasific Downhill Challenger 2014” diselenggarakan di Bukit Tengah, Kabupaten Klungkung, Bali, Minggu (9/11).
“Kegiatan ini adalah yang kedua kalinya di Pulau Bali. Semua peserta atau atlet mengharapkan ajang ini digelar di sini. Alasan itulah menjadi kejuaraan tersebut diselenggarakan di Pulau Dewata,” kata Ketua Umum Komite Sepeda Indonesia (KSI) Syahrul Effendi di Gedung United Bike Denpasar, Sabtu malam.
Ia mengatakan kegiatan tersebut diikuti sekitar 184 peserta terdiri dari kalangan profesional atlet, antara lain dari Singapura, Malaysia, Jepang, India, Kanada, Rusia dan tuan rumah Indonesia.
“Untuk atlet Indonesia akan menurunkan Popo Ario, yakni peraih medali emas di SEA Games XXV/ 2009 di Laos, serta Fitriyanti Riyanti adalah downhill wanita yang merupakan Timnas Indonesia,” ujarnya.
Selain itu, kata dia, tidak ketinggalan “Coastal Crew” akan menurunkan Kyle Norbraten, Dylan Dunkerton dan Curtis Robinson dari Kanada.
“Perhelatan akbar bergengsi ini akan turun Garry Patterson, yaitu “track builder” asal Australia mengawali untuk pembuatan jalur yang dilalui para peserta. Pembukaan rute itu dibantu Eric Sanjaya dan Andre Palmer dengan trek sepanjang 1,3 kilometer,” katanya.
Dikatakan pada kejuaraan ini memiliki “difficulty level” yang lebih tinggi dibanding trek yang digunakan tahun 2013. Dengan struktur yang terdiri dari beberapa tikungan tajam, naik turun (vertical drop) sepanjang 256 meter serta “double jump” mendekati finish line, trek kali ini benar-benar menguji ketangguhan para peserta dalam mengendalikan sepedanya.
“Kali ini masih menggunakan sistem waktu dari shimano yang didatangkan dari Singapura dan dijamin pencatatan waktu perlombaan terjaga dan tertata dengan baik,” kata Syahrul.

()

(Nebby)