Kenya
Ilustrasi gambar. DOK/NET

Mataram, Aktual.com — Sedikitnya tiga warga tewas setelah tertimbun longsor yang terjadi di Desa Guntur Macan, Kecamatan Gunungsari, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, Sabtu (19/12), sekitar pukul 02.00 WITA.

Hubungan Masayarakat (Humas) Badan “Search and Rescue” Nasional (Basarnas) Mataram, Putu Cakra Ningrat, yang dihubungi, di Mataram, Sabtu, membenarkan peristiwa bencana alam yang merenggut korban jiwa tersebut.

“Benar ada musibah tanah longsor. Kami dapat informasi sekitar pukul 04.00 WITA. Sekarang tim sudah di lokasi membantu upaya pencarian korban yang belum ditemukan,” katanya.

Ia menyebutkan, ada lima warga yang menjadi korban, namun tiga orang sudah ditemukan dalam keadaan meninggal dunia, satu orang masih dalam proses pencarian, dan satu orang berhasil diselamatkan.

Tiga orang yang meninggal dunia, yakni Riswandi (19), Inak Dahrim (80), dan Laila (13), sedangkan yang belum ditemukan Multazam (19), dan yang berhasil diselamatkan atas nama Saharudin (70).

“Korban masih satu keluarga. Diduga mereka menjadi korban ketika sedang terlelap tidur di dalam rumah,” ujar Cakra.

Sementara itu, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) NTB Arifuddin, mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Lombok Barat, terkait bantuan dan logistik yang akan disalurkan ke lokasi bencana.

“Untuk sementara, yang jadi terdepan, BPBD Lombok Barat karena peristiwa itu terjadi di wilayahnya. Tapi kami juga menurunkan tim ke lokasi,” katanya.

Hingga pukul 10.00 WITA, Sabtu, lanjut Arifuddin, tim gabungan bersama masyarakat masih melakukan upaya pencarian satu orang korban yang belum ditemukan.

Tim yang terlibat, yakni Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Lombok Barat, Basarnas Mataram, aparat kepolisian dan TNI AD.

“Kami juga meminta bantuan dari Dinas Pekerjaan Umum untuk mengerahkan alat berat,” ujarnya.

Artikel ini ditulis oleh:

Editor: Arbie Marwan