Jakarta, Aktual.com — Seorang pelayan restoran Applebee’s di California tengah, mengembalikan uang tunai 32 ribu dolar AS milik satu keluarga yang tertinggal di meja, dan jumlah itu hampir sama dengan gaji dia selama setahun, kata seorang pegawai restoran itu, Jumat (18/12).

Meskipun polisi memuji kejujurannya, karyawan yang sudah bekerja selama 10 tahun di restoran itu tetap tidak ingin dikenali dan menolak tawaran ganjaran dari keluarga tersebut, kata direktur wilayah Applebee’s Carrie Hellyer.

“Ia hanya mengatakan bahwa ia melakukannya karena itulah hal yang benar dan ia tidak ingin kebenaran itu diliputi dengan hal-hal lain,” kata Hellyer.

Keluarga tersebut meninggalkan kantong berisi lembaran 100 dolar senilai 32 ribu dolar AS, di sebuah cabang restoran Applebee’s di Fresno pada Rabu, kata jurubicara polisi Fresno Letnan Joe Gomez.

Pelayan tersebut menyerahkan uang tunai itu ke manajer restoran, setelah menemukannya di meja yang ditempati keluarga tersebut sebelumnya. Uang tersebut kemudian diambil oleh polisi.

Ketika keluarga itu menghubungi polisi pada Kamis untuk melaporkan kehilangan, diaturlah pertemuan untuk mengambil uang itu di kantor polisi, kata Gomez.

Hellyer menggarisbawahi kejujuran pelayan tersebut dan mengatakan bahwa tidak ada kamera CCTV di tempat keluarga itu meninggalkan uangnya.

Jumlah 32 ribu dolar AS itu “mungkin lebih banyak atau hampir sama” dengan gaji pelayan itu dalam setahun, katanya.

Gomez mengatakan uang itu sudah dikembalikan kepada keluarga tersebut setelah detektif memastikan bahwa uang diperoleh secara sah.

Uang tersebut merupakan hasil penyewaan beberapa rumah dan sebuah restoran Meksiko yang dijalankan keluarga itu di kota tepi pantai San Jose, San Fransisco, katanya.

“Anda tahu bagaimana orang-orang yang tidak menggunakan bank, saya rasa mereka tipe orang semacam itu,” katanya.

Keluarga tersebut mencoba menyewa kotak deposit penyimpanan di sebuah bank pada Rabu, tetapi tidak ada satupun kotak deposit yang tersedia, imbuh dia.

Akibatnya, mereka membawa serta uang tunai itu ke Applebee saat mereka makan dan melupakannya.

(Ant)

(Arbie Marwan)