Jakarta, Aktual.com — Mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) gabungan empat bank perusahaan plat merah yakni Bank Mandiri, BRI, BNI dan BTN resmi diluncurkan ke tengah-tengah masyarakat pada hari ini dengan nama ATM Link sebanyak 50 unit.

Peluncuran perdana pada hari ini dilakukan di Pasar Tanah Abang yang dianggap sebagai pusat perekonomian.

“Tempat ini merupakan pusat grosir terbesar, tak hanya di Indonesia tapi ASEAN. Pusat nadi perekonomian Indonesia, itu alasan kami launching ATM Himbara di tempat ini,” kata Ketua Himpunan Bank Negara (Himbara) Asmawi Syam di Pasar Tanah Abang, Jakarta, Senin (21/12).

Menurutnya, penyatuan ATM Himbara ini dilakukan agar ada makna sinergi antar empat bank BUMN.

“Agar ada makna dan sinergi ATM BUMN dalam hal ini ATM Himbara. Saat ini, kita akan lanching ATM Himbara dengan tujuan lakukan sinergi empat bank BUMN,” imbuh dia.

Dirinya menilai penggabungan empat ATM ini akan memberikan dampak positif terhadap efisiensi kepada bank atau nasabah.

“Kalau kita bicara sinergi, ada efek yang diberikan sinergi, itu berikan dampak positif terhadap efisiensi terhadap empat bank maupun nasabah,” tuturnya.

Salah satu keuntungan menggunakan ATM Himbara ini adalah murahnya biaya tarik tunai yang biasa dikenakan kepada pengguna sebesar Rp7500 jika melakukan penarikan uang tunai di ATM berbeda.

ATM Himbara hanya akan mengenakan tarif sebesar Rp500 untuk transaksi tarik tunai menggunakan kartu ATM dari 4 Bank BUMN.

Artikel ini ditulis oleh:

Editor: Arbie Marwan