Solo, Aktual.com – Wahana permainan tradisi Sekaten di Benteng Vastenburg batal dibongkar. Alasannya, tidak ada lokasi lain untuk pemindahan yang sedianya akan dilakukan hari Minggu (20/12) lalu.

Alhasil, wahana tersebut tetap beroperasi di benteng peninggalan Belanda yang merupakan bangunan cagar budaya dilindungi itu.

Penjabat Wali Kota Solo, Budi Suharto mengaku kesulitan memindahkan wahana tersebut ke Alun-alun Selatan Keraton Solo. Karena lokasinya jauh dan wahana permainan di kawasan benteng sudah ramai pengunjung.

“Memang di sana (Benteng Vastenburg) itu merupakan bangunan cagar budaya dan harus dilindungi. Tetapi untuk memindahkan ternyata nggak gampang,” kata dia, di Balai Kota Solo, Jawa Tengah, Selasa (22/12).

Batas waktu pun diberikan sampai akhir Desember. Jika tidak dibongkar, Pemkot Solo akan memerintahkan Satpol PP lakukan pembongkaran.

Wahana itu akan dibongkar lantaran tidak mengantongi izin. Selain itu, keberadaannya juga membuat arus lalu lintas di Jalan Jenderal Sudirman macet.

“Padahal jelang Natal arus lalu lintas di jalan tersebut banyak dilewati warga luar kota yang ingin pulang ke kampung halaman,” ujar Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kota Solo, Yosca Herman Soedradjad, saat ditemui terpisah.

Sedangkan pihak Keraton tidak mau ikut campur terkait penanganan terhadap wahana itu. “Kami sudah menyerahkan sepenuhnya kepada Pemkot. Silakan kalau mau dibongkar, namun kami tidak akan ikut campur,” ucap Pengageng III Museum dan Pariwisata Keraton, KRMH Satryo Hadinagoro.

()