Jakarta, Aktual.com — Direktur Eksekutif Energy Watch Indonesia (EWI), Ferdinand Hutahaen mengungkapkan, saat ini pertamina harus dilepaskan dari segala kepentingan politik oleh pemerintah maupun legislatif.

“Segenap unsur bangsa harus memberikan dukungan kepada Pertamina menjadi BUMN yang mandiri dan independen, lepas dari intervensi dan segala bentuk campur tangan,” ujar Ferdinand dalam pesan elektronik yang diterima Aktual.com, Kamis (14/1).

Ferdinand mengungkapkan, saat ini Pertamina harus didukung untuk berbisnis secara sehat, murni dan bersih.

” Untuk apa ada direksi bila kebijakannya masih diintervensi oleh kepentingan yang bersumber dari kepentingan politik? Mestinya direksi dilepas untuk menentukan arah perusahaan, pemerintah cukup memberikan target dan direksilah yang berperan mencapai target minimal dari pemerintah,” paparnya.

Menurut Ferdinand, Hal ini sangat penting supaya publik bisa menilai ketika kegagalan terjadi, siapa sebetulnya yang gagal. Tidak seperti kondisi saat ini serba samar, ketika Pertamina rugi publik cenderung menyalahkan Pertamina secara korporasi.

“Padahal kerugian terjadi sebagai akibat kebijakan pemerintah dan bukan kebijakan korporasi. Hal hal seperti ini harus diakhiri demi masa depan BUMN kita secara umum,” ucapnya.

Ferdinand berharap, kedepan Pertamina harus jadi Holding Company yang mandiri dan independen untuk menghadapi persaingan global.

Artikel ini ditulis oleh:

Editor: Arbie Marwan