Jamaah Calon Haji kloter pertama embarkasi menanti giliran pembagian gelang dan paspor di Asrama Haji Palembang, Sumsel, Selasa (9/8). Musim haji 2016 ini Embarkasi Palembang memberangkatkan 5.885 calon haji yang terbagi dalam 14 Kloter asal Provinsi Sumsel dan Bangka Belitung. ANTARA FOTO/ Feny Selly/ama/16

Palembang, Aktual.com – Sebanyak 29 calon haji asal Sumatera Selatan gagal berangkat untuk menunaikan rukun Islam ke lima karena berbagai alasan.

Kakanwil Kementerian Agama Sumatera Selatan HM. Alfajri Zabidi mengatakan, setelah selesai pemberangkatan dari kelompok terbang pertama hingga terakhir ternyata yang gagal berangkat sejumlah itu.

“Tidak bisa berangkatnya jamaah calon haji Sumsel itu karena berbagai alasan seperti sakit, meninggal dunia dan muhrim sakit termasuk ada yang hamil,” katanya, Jumat (26/7).

Untuk yang sakit akan menjadi prioritas berangkat pada tahun mendatang sehingga mereka harus selalu siap.

Memang, lanjut dia, untuk Embarkasi Palembang ada 36 yang tidak berangkat karena tujuh di antaranya calon haji dari Provinsi Bangka Belitung.

Hal ini karena Bangka Belitung berangkatnya melalui Embarkasi Palembang sehingga mereka harus koordinasi dengan panitia penyelenggara ibadah haji Sumsel.

(Abdul Hamid)