Jakarta, Aktual.com – Sebanyak 4.000 orang kembali meninggal dunia dalam sehari, akibat Covid-19 di India, Minggu (9/5).

Mengutip Reuters, ada sebanyak 4.092 kematian akibat Covid-19 selama 24 jam terakhir. Sehingga, total korban meninggal akibat Covid-19 di India sebanyak 242.362 jiwa sejak pandemi dimulai.

India melaporkan 403.738 kasus Covid-19 terbaru, sehingga total kasus Covid-19 di sana sejak pandemi dimulai sebanyak 22.3 juta kasus.

Sebelumnya, Sabtu (8/5), India juga melaporkan jumlah kematian Covid-19 tertinggi dalam satu hari sebanyak 4.187 kematian.

India telah tsunami Covid-19 pada gelombang kedua ini dengan jumlah kasus dan kematian harian mencatatkan rekor tertinggi hampir setiap hari.

Tenaga medis juga semakin kewalahan akibat menipisnya stok oksigen medis, kosongnya tempat tidur di rumah sakit, dan krematorium yang dibanjiri jenazah setiap hari.

Banyak negara bagian di India memberlakukan lockdown ketat selama sebulan terakhir untuk membendung lonjakan infeksi.

Sementara itu, wilayah-wilayah lain juga mengumumkan pembatasan pergerakan publik dengan menutup bioskop, restoran, pub, dan pusat perbelanjaan.

Di sisi lain, pemerintahan Perdana Menteri India Narendra Modi terus diserang kritik akibat penanganannya terhadap pandemi.

Modi didesak untuk menerapkan lockdown nasional seperti yang telah dilakukannya pada gelombang pertama Covid-19 tahun lalu.

Dukungan telah mengalir dari seluruh dunia dalam bentuk tabung oksigen, ventilator, dan peralatan medis lainnya untuk rumah sakit yang kewalahan di India akibat tsunami Covid-19.(RRI)

(Warto'i)