Padang, Aktual.com – Sekitar 50 ton CPO (Crude Palm Oil) atau minyak sawit mentah bertumpahan dikawasan pinggir laut, Dermaga Teluk Bayur, Kota Padang, Kamis (28/9). Tumpahnya minyak sawit itu terjadi sekitar pukul 10.00 WIB, yang diduga dimiliki oleh PT Wira Inno Mas.

Humas Indonesian Port Corporation (PT Pelabuhan Indonesia II), Muhammad Taufik membenarkan jika tumpahan minyak sawit mentah itu merupakan milik dari PT Wira Inno Mas.

Saat ini, dikatkan Taufik, jika dugaan sementara, tumpahnya minyak sawit mentah itu karena adanya kebocoran sambungan tangki timbun.

“Berdasarkan informasi yang kita himpun dugaan sementara, karena adanya kebocoran pada sambungan atau saluran tangki timbun. Jadi, karena kebocoran itu, membuat adanya tumpahan ke permukaan laut,” kata Taufik.

Ditambahkan Taufik, untuk tanggap awal, pihaknya langsung memasang dua alat Oil Boom (penahan tumpahan minyak) pada sekitar lokasi tumpahan.

“Kita sudah pasang dua unit Oil Boom, agar tidak merembes luas ke tengah laut. Masing-masing panjangnya 250 meter, dan sekarang sudah menahan tumpahan tersebut,” jelas Taufik.

(Andy AbdulHamid)
1
2
3