Jakarta, Aktual.com – Durian punya buah daging yang empuk serta diminati banyak orang. Akan tetapi, beberapa orang tidak menyukai durian karena baunya yang menyengat dan bisa meningkatkan tekanan darah.

Padahal, tiap 100 gram durian setara dengan sekitar 147kkal energi atau sekitar 7 persen dari anjuran diet yang direkomendasikan (RDA).

Berikut beberapa manfaat buah durian dikutip dari Stylecraze.

1. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Durian memiliki serat makanan yang bisa membantu melancarkan buang air besar. Adanya serat makanan ini bisa membantu mencegah sembelit serta meningkatkan kesehatan pencernaan.

Kandungan Thiamin dalam buah durian juga bisa meningkatkan nafsu makan serta menyehatkan orang tua.

Serat durian merangsang gerak peristaltik untuk memudahkan proses pencernaan dalam usus. Masalah perut seperti kembung, mulas, dan kram bisa terobati dengan serat durian.

2. Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Organosulfur dalam durian mengatur enzim inflamasi yang mampu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Dari studi yang dilakukan Tulane University School of Public Health and Tropical Medicine, ditemukan buah-buahan kaya serat makanan bisa membantu menurunkan kadar kolesterol lipoprotein densitas rendah (LDL-C) dan mengurangi risiko penyakit jantung koroner.

3. Menjaga Kadar Gula Darah

Kandungan Mangan dalam durian bisa membantu menjaga kadar gula darah. Dari sebuah penelitian, durian juga meningkatkan kurva respons insulin pada pasien diabetes.

Antioksidan dalam durian membantu mengurangi stres oksidatif yang bisa memperparah gejala diabetes. Indeks glikemik (IG) dalam durian juga lebih rendah sehingga tidak menyebabkan kelonjakan gula darah.

4. Mengatur Tingkat Tekanan Darah

Durian merupakan sumber potasium yang baik. Penelitian membuktikan ada peningkatan kalium untuk menurunkan tingkat tekanan darah. Kalium juga berfungsi sebagai vasodilator. Artinya, bisa membantu menjaga keseimbangan antara cairan dan garam dalam sel-sel tubuh.

Selain Kalium, terdapat mineral yang bisa membantu mengurangi stres pada pembuluh darah dan mengurangi risiko serangan jantung atau stroke.

5. Menunda Penuaan

Durian kaya akan Vitamin C yang merupakan antioksidan kuat untuk mengurangi stres oksidatif disebabkan oleh radikal bebas. Semakin rendah tingkat stres oksidatif, bisa memperlambat penuaan.

Durian juga kaya akan oksidan lain yang bisa mengurangi tanda-tanda penuaan kulit.

6. Mengurangi Risiko Kanker

Sifat antioksidan dari durian mampu mengurangi risiko kanker. Kandungan polifenol dalam durian bisa menghambat pertumbuhan kanker bahkan membunuh sel kanker.

Suatu penelitian mengungkapkan buah durian menunjukkan efek perlindungan terhadap garis sel kanker payudara.

Radikal bebas menyebabkan penyebaran kanker. Antioksidan dalam durian mampu menurunkan risiko kanker. Walau begitu, penelitian lebih lanjut diperlukan.

(Shavna Dewati Setiawan | JPNN)

(Aktual Academy)