Jakarta, Aktual.com — Taman Mini Indonesia Indah (TMII) merupakan taman rekreasi yang menggambarkan keseluruhan Keanekaragaman Indonesia. Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-41 tepat tanggal 20 April 2016, TMII akan menggelar berbagai acara atau kegiatan yang dikemas dalam Pekan HUT 41 TMII.

Tema yang diusung untuk HUT TMII kali ini yaitu, ‘Taman Mini Indonesia Indah Wahana Pelestarian Budaya Untuk Memperkokoh Kebhinakaan dan Membangun Karakter Bangsa’.

Dr.A.J Bambang Soetanto selaku Direktur Utama TMII, menjelaskan, bahwa acara ‘Pekan HUT TMII ke 41’ akan berlangsung mulai tanggal 17 sampai dengan 24 April 2016.

“TMII akan adakan perayaan HUT yang ke-41, dan itu kami kemas dalam ‘Pekan HUT TMII ke-41’ yang akan dilaksanakan dari tanggal 17 April sampai 24 April 2016,” ujar Bambang, kepada Aktual.com, di kawasan TMII, Jakarta Timur, Selasa (15/03).

Bambang kembali mengungkapkan bahwa ada empat tanggal utama dalam sepekan itu. Yaitu, tanggal 17 April sebagai pembukaan HUT TMII ke-41, tanggal 19 April ‘Selametan bersama’, tanggal 20 April ‘Puncak Acar’a, dan tanggal 24 April merupakan ‘Penutupan Pekan HUT TMII ke-41’.

Dalam kegiatan meriah tersebut, pemeran utama tahun ini diungkapkan oleh Bambang yaitu seni dan budaya yang disajikan Pemerintah Aceh. Berbagai suguhan terbaik serta spektakuler telah dipersiapkan oleh Pemerintah Aceh. Salah satunya yaitu, ‘Krida Laksamana Keumalahayati’.

“Seperti tahun-tahun sebelumnya, yang menjadi pemeran serta utama kali ini adalah Pemerintahan Aceh. Pemerintahan Aceh sudah mempersiapkan berbagai pagelaran meriah salah satunya ‘Krida Laksamana Keumalahayati’ yang akan mengisi malam puncak tanggal 20 April 2016, Pukul 19.00 WIB di Teater Bhineka Tunggal Ika. Ini rencananya akan disaksikan oleh Presiden RI, Gubernur Aceh, serta Duta besar negara sahabat,” beber Bambang.

Tak hanya itu, Bambang melajutkan, bahwa Pemerintah Aceh akan menampilkan tarian kolosal sebanyak 6000 lebih penari yang akan menari ‘Ratoh Jaroe’ secara massal di Plaza Tugu Api Pancasila TMII yang akan dilaksanakan pada 24 April 2016 mendatang.

Artikel ini ditulis oleh: