Para pemudik mengantri saat mau masuk ke dalam Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Minggu (2/7/2017). Meski libur lebaran sudah selesai para pemudik masih memadati Stasiun Pasar Senen dan faktor lainnya juga dikarenakan libur sekolah yang panjang hingga 17 Juli 2017 mendatang sehingga memberikan pilihan bagi orang tua untuk melakukan mudik pasca Lebaran. AKTUAL/Munzir

Cirebon, Aktual.com – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 3 Cirebon, Jawa Barat, mencatat sebanyak 9.052 penumpang turun pada lima hari sebelum Lebaran 2018 (H-6) atau meningkat dibandingkan hari sebelumnya.

“Data terakhir pada Minggu pukul 16.30 WIB, penumpang yang turun sudah 9.052 orang atau meningkat dibandingkan hari sebelumnya,” kata Manajer Humas Daop 3 Cirebon Krisbiyantoro di Cirebon, Minggu (10/6).

Jumlah tersebut katanya, lebih besar dibandingkan dengan hari sebelumnya yang tercatat 8.798 orang.

Sedangkan penumpang yang naik dari Stasiun Daop 3 Cirebon pada Minggu hingga pukul 16.30 berjumlah 4.141 penumpang. Pada Sabtu (9/6), jumlah penumpang yang naik secara keseluruhan berjumlah 4.310 orang.

“Namun jumlah tersebut dipastikan bisa bertambah, mengingat masih banyak kereta yang akan tiba di Stasiun Cirebon,” tuturnya.

Kris menambahkan penumpang yang turun di Stasiun Cirebon bukan hanya penumpang yang menggunakan kereta api dengan jurusan Daop 3 Cirebon saja, akan tetapi kereta api lainnya yang melintasi Cirebon.

Untuk saat ini, Daop 3 Cirebon memiliki delapan perjalanan kereta api reguler dan delapan perjalanan kereta api fakultatif.

“Sedangkan kereta yang dioperasikan yaitu, Kereta Argo Jati, Cirebon Ekspress, Tegal Bahari, Ranggajati dan Senja Cirebon,” katanya.

ant

(Nebby)