Jakarta, Aktual.com – Ketua Golkar DKI Jakarta, Fayakhun Andriadi, mengatakan bahwa Pendidikan dan Pelatihan Satuan Tugas Berigade Beringin yang digelar partainya merupakan upaya memberikan bekal ilmu dan keterampilan khusus kepada para kader-kadernya.

Ilmu dan keterampilan ini diharapkan dapat memberikan manfaat, baik bagi diri kader maupun bagi masyarakat setempat dimana kader tersebut tinggal. Termasuk tentunya bagi kepentingan partai dan kepentingan negara dalam skala yang lebih luas.

“Peserta Satgas Berigade Beringin adalah kader-kader terpilih Golkar untuk mendapatkan pelatihan khusus dari Brimob. Mereka diharapkan menjadi garda terdepan dalam menjaga, mengangkat dan melestarikan marwah Partai Golkar,” katanya di Bogor, Rabu (1/2).

Diklat Satgas Berigade Beringin digelar di Diklat Brimob Polri, Cikeas Bogor, merupakan kerjasama Golkar DKI Jakarta dengan Korp Brimob Polri. Pelatihan diikuti 215 peserta dan berlangsung sejak tanggal 28 Januari hingga 10 Februari 2017.

Fayakhun menekankan bahwa pelatihan Satgas Brigade Beringin merupakan bagian dari upaya penanaman kecintaan dan kesetiaan terhadap bangsa dan negara tersebut.

“Partai Golkar sungguh-sungguh mengawal dan menjaga Pancasila, NKRI, Bhinnneka Tunggal Ika dan UUD 45,” jelasnya.

Sementara itu Kasat IV Demlat Korbrimob Kombes Mulyadi selaku Direktur Pelatihan menjelaskan bahwa meteri latihan yang diberikan oleh brimob kepada Brigade Beringin mencakup beberapa hal. Pertama, membentuk kesetiaan Satgas Berigade Beringin kepada Partai Golkar, menanamkan loyalitas dan dedikasi kepada partai.

Kedua, kemampuan beladiri Polri. Dimana peserta latihan dibekali keahlian beladiri sehingga mampu membela diri pada saat ada kejadian, sekaligus mampu melumpuhkan musuh untuk kemudian diserahkan kepada pihak kepolisian.

Ketiga, kemampuan pengawalan VIP. Ketika ada kegiatan protokoler, Satgas Berigade Beringin bisa memberikan pengawalan sebagai ajudan pengamanan selama kegiatan berlangsung. Keempat menyangkut kedisiplinan, dimana peserta dibekali latihan baris berbaris dan penghormatan.

Kombes Mulyadi berharap sekembalinya dari pelatihan, Brigade Beringin ini bisa menjadi Garda Terdepan sebagai mitra polisi menjadi agen-agen melakukan deteksi dini dalam rangka penggalangan dan pegamanan.

Artikel ini ditulis oleh: