Saumlaki, Aktual.com – Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara Barat dengan dukungan INPEX Masela Ltd, dan perancang busana Wignyo Rahadi mempromosikan produk Tenun Ikat Tanimbar di Jepang.

“Ini memang salah satu tujuan kunjungan Pemkab MTB ke Jepang,” kata Wignyo, dalam siaran pers, Sabtu (8/4).

Perancang dan pemilik merek Tenun Gaya itu menjelaskan, promosi dilaksanakan melalui pameran busana yang diselenggarakan bersama oleh Pemkab MTB, KBRI Tokyo, Tenun Gaya dan INPEX Masela. Tujuannya untuk memperkenalkan tenun tradisi masyarakat Tanimbar dengan berbagai motif kepada masyarakat internasional, khususnya Jepang.

Acara tersebut dihadiri sekitar 100 orang dari komunitas Jepang, negara- negara sahabat lainnya, dan komunitas Indonesia di Tokyo yang bergerak di bidang tekstil, fashion, budaya dan pariwisata. Wignyo mengatakan, karena terinspirasi pakaian tradisi Jepang, maka dirinya mempersembahkan koleksi rancangan yang mengadaptasi model kimono, hakama, dan obi dengan tema Metamorphoseast.

Rancangan tersebut menggunakan material tenun Tanimbar, di mana hasil pengembangan yang mengangkat motif Ulerati ini untuk pertama kalinya ditampilkan di panggung internasional melalui pameran busana di Tokyo pada Kamis (6/4) lalu.

Artikel ini ditulis oleh:

Reporter: Antara
Editor: Wisnu