Tangkapan Layar Adi Sulistiyowati hal ini di sampaikan Webinar Nasional yang bertajuk “Menjadi Patani Milenial, Kenapa Tidak?” pada Selasa (31/8) pagi.
Tangkapan Layar Adi Sulistiyowati hal ini di sampaikan Webinar Nasional yang bertajuk “Menjadi Patani Milenial, Kenapa Tidak?” pada Selasa (31/8) pagi.

Jakarta, Aktual.com – Wakil Direktur Utama BNI, Adi Sulistiyowati menyampaikan ada beberapa solusi untuk menarik minat anak muda yang ingin masuk ke sektor pertanian. Meskipun sejauh ini, jika dilihat dari pertumbuhan petani baru akibat pandemi COVID-19 cukup siginifikan.

Menurutnya hal ini juga sejalan dengan keinginan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang berharap agar anak muda berminat pada profesi petani, yang mana sektor ini dapat menjanjikan dan menjadi add velue untuk generasi milenial.

“Kita (BNI) harus memberikan tawaran atau solusi supaya anak muda kita mau terjun pada sektor pertanian, supaya mereka menganggap bahwa sektor ini adalah pekerjaan yang menjanjikan” kata Adi Sulistiyowati hal ini di sampaikan Webinar Nasional yang bertajuk “ Menjadi Patani Milenial, Kenapa Tidak” pada Selasa (31/8) pagi.

Ia mengatakan ada 3 (tiga) solusi yang ditawarkan. Pertama, pendidikan dan pelatihan untuk mengubah mindset dan role model anak muda di sektor pertanian. Kedua, menerapkan teknologi pertanian dan internet mulai dari proses hulu sampai ke hilir.

Ketiga, memperluas dan mempermudah akses pembiayaan pada sektor pertania.

Disamping itu juga Sulistiyowati juga menjelaskan terkait bagaimana Ketika anak-anak muda ingin mulai Bertani karena petani hal ini sangat penting sebagai edukasi untuk mereka.

“Petani Milenial harus dibentuk ekosistem yang terintegrasi dan mengoptimalkan peran serta pemberdayaan petani milenial sebagai Key Player” ungkapnya.

(Arie Saputra/Hilmi)

Artikel ini ditulis oleh:

Editor: Arie Saputra