Foto: AFP/JAAFAR ASHTIYEH

Jakarta, aktual.com – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken kembali menegaskan komitmen AS terhadap pembentukan negara Palestina selama kunjungan singkatnya ke Tepi Barat yang diduduki pada Rabu (10/1/2024).

Seorang juru bicara mengklaim bahwa Blinken, dalam pertemuan dengan Presiden Palestina dan Kepala Otoritas Palestina (PA) Mahmoud Abbas, menyampaikan bahwa AS berharap negara Palestina dapat berdiri “dengan menjalani kehidupan dalam perdamaian dan keamanan” bersama Israel.

Meskipun demikian, analis dan pihak lain di Ramallah menilai bahwa harapan warga Palestina terhadap kunjungan Blinken dianggap sebagai pertunjukan teater dengan tingkat kepercayaan yang rendah.

“Satu-satunya tujuan adalah memberikan waktu kepada Israel untuk menghabisi Gaza,” kata Atef al-Hamoud, pejabat pemerintah setempat, seperti dikutip The Guardian.

Saat Blinken tiba di markas besar Abbas di Ramallah di bawah pengawalan yang ketat, sekelompok demonstran berkumpul sambil membawa spanduk bertuliskan “Hentikan genosida”, “Bebaskan Palestina”, dan “Blinken harus pergi”. Beberapa individu terlibat bentrokan dengan pasukan keamanan Palestina yang mengenakan peralatan anti huru-hara.

“Perang ini telah merusak citra AS di semua negara Arab, tidak hanya di Palestina. Tidak ada yang bisa mengabaikan diplomasi tidak adil mereka. Selama tiga bulan yang dilakukan AS hanyalah melindungi Israel,” kata Jamal Zakout, seorang analis.

Pada hari Selasa sebelumnya, Blinken telah mengadakan pertemuan dengan pejabat tinggi Israel di mana ia mengulangi seruannya untuk meningkatkan perlindungan terhadap warga sipil, mengizinkan lebih banyak bantuan masuk ke Gaza, dan memungkinkan penduduk untuk kembali ke rumah jika memungkinkan.

Blinken juga menegaskan kewajiban AS untuk memberikan pendapat yang jelas kepada sekutunya dan mendorong Israel untuk mengambil “keputusan sulit”.

AS telah memberikan dukungan kuat kepada Israel sejak pecahnya konflik dengan Hamas tiga bulan lalu. Namun, penolakan Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, untuk menyusun rencana publik yang rinci untuk pemerintahan Gaza setelah serangan militer Israel berakhir telah menimbulkan ketidakpuasan di Washington.

Israel hingga saat ini menolak seruan untuk mengizinkan Pemerintah Otoritas Palestina yang diakui secara internasional untuk mengendalikan Gaza dan Tepi Barat yang diduduki setelah konflik berakhir. Sebaliknya, Israel mengusulkan beberapa bentuk pemerintahan yang melibatkan mediator kekuasaan atau kelompok lokal, sementara Pasukan Pertahanan Israel memiliki peran pengawasan yang signifikan.

Meskipun mendapat tekanan dari AS, terutama terkait tuntutan untuk menahan menteri yang mendorong emigrasi sukarela massal warga Palestina dari Gaza, Perdana Menteri Netanyahu, yang bergantung pada dukungan sayap kanan, tetap mengabaikannya. Pemerintah AS mengecam retorika yang menghasut dan tidak dapat diterima terkait isu tersebut.

Meskipun Blinken mengungkapkan keprihatinan atas “jumlah korban warga sipil yang tinggi” di Gaza, pertempuran sengit terus berlanjut di wilayah tersebut, dengan bentrokan terjadi di tengah dan selatan.

Akibat serangan Israel di Gaza, setidaknya 23.570 orang telah tewas, sebagian besar di antaranya adalah wanita dan anak-anak. Sebagian besar wilayah tersebut mengalami kerusakan parah, menyebabkan sebagian besar dari 2,3 juta penduduknya mengungsi dan menghadapi krisis kemanusiaan yang mendesak. Pejabat setempat melaporkan setidaknya 147 kematian dalam 24 jam sebelumnya.

Artikel ini ditulis oleh:

Editor: Rizky Zulkarnain