Calon gubernur DKI Jakarta Ridwan Kamil saat memberikan sambutan pada acara Silaturahmi Bang RK Bersama Para Kiai dan Tokoh Masyarakat Jakarta", di Jakarta, Kamis (19/9/2024). ANTARA/HO-Sahabat Jakarta

Jakarta, aktual.com – Ratusan kiai dan tokoh masyarakat Jakarta yang merupakan pendukung Anies Baswedan memberikan dukungan kepada pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta Ridwan Kamil-Suswono (RIDO) di Pilkada Jakarta 2024.

Dukungan tersebut dideklarasikan dalam kegiatan “Silaturahmi Bang RK Bersama Para Kiai dan Tokoh Masyarakat Jakarta” di Jakarta, Kamis (19/9).

“Ada banyak kiai di Jakarta, baik Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Utara maupun Jakarta Selatan,” kata Inisiator Sahabat Jakarta, Sutrisno Muslimin dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (20/9).

Dia mengungkapkan bahwa ada Profesor Musni Umar yang merupakan pendukung Anies.

“Kemudian ada Irjen Pol Purnawirawan Sukrawaldi Dahlan, Ketua Dunsanak Anies, memang di sini 99 persen pendukung Mas Anies yang memberikan dukungan kepada paslon RIDO,” katanya.

Dia mengaku telah meminta izin untuk mendukung pasangan RIDO di Pilkada DKI Jakarta 2024.

“Kemarin saya WhatsApp (WA) Mas Anies, untuk izin mendukung paslon RIDO. Karena Jakarta ini harus terus maju, harus terus berkembang dan kita sebagai orang Jakarta harus tetap eksis,” ujarnya.

Menurut Sutrisno, Anies mengucapkan terima kasih karena sudah berkabar dan meminta agar teman-teman terus berjuang.

“Sekarang beliau (Anies) ada di Tokyo dan mudah-mudahan pulang bisa mendukung Kang Emil,” tuturnya.

Sebagai pendukung Anies, Sutrisno berharap Ridwan Kamil bisa melanjutkan legasi-legasi yang telah dibangun oleh Anies. Dalam bidang keislaman, banyak jejak Ridwan Kamil yang telah membangun banyak masjid salah satunya Masjid Al Jabar yang menjadi destinasi wisata religi.

Sutrisno bersyukur karena Ridwan Kamil akan melanjutkan di Jakarta. “Kalau kemarin Mas Anies mendapatkan 57 persen. Maka Kang Emil harus dapat 70 persen,” tegasnya.

Dia pun mengajak para kiai dan tokoh Jakarta untuk bekerjasama dalam memenangkan pasangan RIDO di Pilkada DKI Jakarta dengan perolehan suara 70 persen.

“Mari kita bekerjasama dan bekerja bersama-sama untuk memenangkan Kang Emil 70 persen. Mulai sekarang saya minta untuk tidak aling-aling,” ajaknya.

Calon gubernur DKI Jakarta, Ridwan Kamil merasa bangga bisa didukung oleh banyak pihak, termasuk dari Sahabat Jakarta.

“Saya sangat bahagia bisa didukung relawan-relawan, aktivis masjid, kiai-kiai yang dahulunya mendukung Pak Anies Baswedan,” katanya.

Selain itu, kata dia, program-program gubernur terdahulu yang dirasa baik harus tetap dilanjutkan selagi masih relevan untuk dijalankan.

“Semua yang baik-baik dari gubernur terdahulu, termasuk program-program Pak Anies, itu diaspirasikan. Pasti selama itu relevan dan baik, saya tidak akan ubah, ngapain juga, sudah bagus,” kata RK.

Komandan TKN Fanta HM Arief Rosyid Hasan mengatakan bahwa dalam kontestasi Pilkada DKI Jakarta 2024, anak muda mempunyai peran penting untuk memenangkan pasangan RIDO.

“Alhamdulillah hari ini banyak kyai dan tokoh masyarakat hadir memberikan dukungan kepada paslon RIDO. Kita terus jahit simpul-simpul untuk Jakarta Baru, Jakarta Maju,” katanya.

Tentunya juga akan tetap berfokus pada pemilih muda dan pemilih pemula. “Sebab peran anak muda sangat vital dalam kontestasi ini, lebih dari 50 persen pemilih ada dalam kategori U44 (Under 44),” kata Arief.

Bahkan, Tim Kampanye pasangan RIDO ini didominasi oleh anak-anak muda. “Insya Allah ikhtiar kita untuk Jakarta di ridhoi Allah,” ujarnya.

Arief menjelaskan bahwa program-program yang dibawa oleh pasangan RIDO ini juga dapat mengatasi permasalahan-permasalahan yang ada pada anak muda.

“Sekarang banyak anak muda yang mengalami mental health, tentunya dengan program keislaman yang diusung RIDO ini dapat mengatasi masalah itu, jiwa dan pikirannya menjadi tenang dengan mendekatkan diri kepada Allah,” katanya.

Arief menambahkan bahwa Ridwan Kamil merupakan sosok yang cerdas dan religius.
Bang Emil ini selain cerdas juga sudah terbukti komitmennya untuk keumatan.

Jadi tidak di tataran wacana-wacana saja, namun sudah teruji. “Insya Allah Bang Emil bersama Pak Suswono pantas dan mampu membawa Jakarta menjadi lebih baik. Jakarta Baru, Jakarta Maju,” katanya.

Artikel ini ditulis oleh:

Editor: Rizky Zulkarnain