Jakarta, Aktual.co — Wanita tercantik adalah wanita yang memiliki tubuh ramping, pinggang kecil, betis membujur, rambut panjang dan berwarna pirang, kulit putih, bibir kecil dan penuh, hidung mancung, dan mata berbinar. Itulah yang ada dalam fikiran dan benak wanita atau pria selama ini.

Sebuah rumus simple namun sangat berbahaya. Darimanakah asal muasal mitos tersebut? Bisa jadi dari media atau pun oleh opini masyarakat yang juga telah teracuni oleh media- baik cetak maupun elektronik- bahwa kecantikan hanya sebatas kulit luar saja.

Munculnya produk-produk kecantikan, itu semua menjadikan wanita menjadi tidak percaya diri terhadap inner beauty yang telah Allah SWT berikan padanya sejak lahir, dan akan menunjukkan auranya ketika sudah mencapai akil baligh.

Siapakah yang membuat standar penilaian terhadap ciptaan Allah yang Maha Kuasa ? Wahai para wanita percayalah bahwa wanita tercantik adalah wanita yang mampu memahami bahwa dia diciptakan dengan sebaik baik bentuk dan dia diciptakan adalah untuk beribadah, “Wa maa kholaqtuljinna wal insa illa liya’buduun”.

Artinya : “Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku.” (QS. 51 : 56).

Rasulullah Shalallahu alaihi Wa Salam bersabda: “Ketahuilah, di dalam tubuh itu ada segumpal daging. Bila ia baik maka baik pulalah seluruh tubuh. Dan apabila ia rusak maka rusak pulalah seluruh tubuh. Ketahuilah itu adalah hati.(HR Bukhari dan Muslim).

Berbahagialah, ketika kecantikan itu bukan hanya sekedar menghiasi wajah, tapi terutama hati dan akhlak kita. Karena kecantikan fisik pasti akan menurun seiring dengan bertambahnya usia. Tapi, kecantikan hati dan akhlak, itulah yang akan bersinar dan terus dikenang oleh orang-orang di sekitar kita.

“Allahumma kamaa hassanta khalqii, fahassin khuluqii.”

“Ya Allah, sebagaimana Engkau telah memperindah kejadian (fisik) ku, maka perindah pulalah akhlakku.”

(Sumber: Islam Pos)

Artikel ini ditulis oleh: