Banda Aceh, Aktual.com — Perayaan hari raya Idul Adha di Komplek Integrated Community Shelter (ICS) Blang Adoe, Kecamatan Kuta Makmur, Aceh Utara, Kamis (24/9) berlangsung meriah. Seluruh pengungsi muslim Rohingya bisa merayakan hari raya kurban 1436 H dengan penuh suka cita. Lembaga Kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) melalui program Global Qurban berhasil mengumpulkan 41 ekor sapi dan enam ekor kambing untuk pengungsi Rohingya dan masyarakat Aceh di sekitar shelter.

Presiden Komite Nasional untuk Solidaritas Rohingya (KNSR) Syuhelmaidi Syukur menyebutkan, dari 41 ekor sapi yang disumbangkan untuk muslim Rohingya di Aceh tahun ini, 15 ekor di antaranya berasal dari Lembaga Kemanusiaan IHH Turki. Sisanya dari Muslim Care Malaysia, FIF Pakistan, Saudi Arabia, IWT Inggris, PPI Malaysia, dan PDK Tahfiz Malaysia.

“Kami atas nama ACT dan KNSR menyampaikan terimakasih kepada seluruh lembaga donatur yang telah menyumbangkan hewan Qurban bagi masyarakat muslim Rohingya dan juga masyarakat Aceh yang selama ini telah memberikan perhatian tulus untuk membantu saudara-saudara kita dari Rohingya ini,” kata Syuhelmaidi yang juga Senior Vice President ACT.

Ke depan, ACT dan KNSR, tambahnya, juga sudah menyusun program pengembangan ekonomi bagi Rohingya dan masyarakat Aceh di sekitar shelter. “Kita masih terus mengundang para donatur dari negara-negara muslim dan juga komunitas masyarakat muslim di berbagai belahan dunia untuk terus membantu Rohingnya. Kita akan sinergikan program pemberdayaan secara bersama-sama antara Rohingya dan masyarakat sekitar,” kata Syuhelmaidi Syukur.

Sebelumnya, Pemerintah Aceh melalui Wakil Gubernur juga berterimakasih kepada ACT dan KNSR yang telah membantu untuk mendatangkan mitra-mitra luar negerinya guna membantu Rohingya dan juga membangun Aceh.

“Atas nama Pemerintah Aceh, saya menyampaikan terimakasih kepada ACT dan KNSR. Melalui program-program yang dicanangkan telah berhasil mengundang para mitranya untuk membantu Rohingya di Aceh dan juga membantu masyarakat Aceh melalui dana kemanusiaan dari dalam dan luar negeri,” kata Muzakir Manaf, Rabu (23/9) saat menyerahkan hewan Qurban secara simbolis dari ACT ke perwakilan pengungsi Rohingya di ICS Blang Adoe.

(Wisnu)