Jakarta, Aktual.co — Sebanyak 30 mahasiswa asing kuliah di Universitas Negeri Medan (Unimed), hal ini membuktikan bahwa perguruan tinggi negeri itu adalah salah satu yang terbaik dan dikenal di beberapa negara.
“Mahasiswa yang sedang menimba ilmu di Unimed tersebut, yakni berasal dari negara Eropa, Amerika, Timur Tengah, Asia dan negara lainnya,” kata Rektor Unimed, Prof Dr Ibnu Hajar MSi di Medan, Minggu (26/10).
Mahasiswa dari luar negeri itu, menurut dia, memilih program studi Bimbingan Konseling, PGSD, Pendidikan Olah Raga, Pendidikan Bahasa Indonesia dan program studi yang lainnya.
“Setiap tahun jumlah mahasiswa asing yang mendaftar di Unimed terus bertambah, dan pandangan dunia Internasional terhadap perguruan tinggi negeri di Sumut itu cukup tinggi,” ujarnya.
Ibnu Hajar mengatakan, ini menunjukkan bahwa kerja keras dan komitmen bersama seluruh civitas akademika telah menuai hasil yang memuaskan.
Unimed akan terus menjalin kerja sama dalam peningkatan dan pengembangan kualitas kepada perguruan tinggi-perguruan tinggi terbaik di seluruh dunia.
“Semoga niat baik ini akan dipermudah Allah Tuhan Yang Maha Esa untuk mencapainya sehingga membawa Unimed menjadi perguruan tinggi yang terbaik,” kata Rektor Unimed.
Sebelumnya, seorang mahasiswa asing dari Filipina bernama Sheila Beloy Salera, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Seni diwisuda di Universitas Negeri Medan (Unimed), Rabu (22/10).
Dari sebanyak 2.667 mahasiswa yang diwisuda tersebut, salah seorang adalah warga Filipina.
Sheila adalah mahasiswa asing yang cerdas, ulet, disiplin, penuh tangggung jawab, mandiri, supel, ramah, dan berdedikasi tinggi.
Sheila dapat mengikuti perkuliahan dengan baik dan dia tidak segan-segan bertanya kepada dosen atau mahasiswa ketika mengalami hambatan dalam berkomunikasi.
Sheila menyelesaikan studi tepat waktu (4 tahun) dengan judul skripsi “Pengaruh Penerapan Contextual Teaching and Learning terhadap Kemampuan Memahami Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas VII SMP Syafiyatul Amaliyyah Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014” dengan IPK 3,62 predikat kelulusan dengan pujian.

()