Harga Minyak Mentah Dunia (Aktual/Ilst.Nelson)
Harga Minyak Mentah Dunia (Aktual/Ilst.Nelson)

Jakarta, Aktual.com – Harga minyak naik hampir dua persen pada akhir perdagangan Kamis (14/2), setelah eksportir utama Arab Saudi mengatakan akan memotong ekspor minyak mentah dan memangkas lebih dalam produksinya, tetapi membengkaknya persediaan minyak mentah AS membatasi kenaikan lebih lanjut.

Persediaan minyak mentah AS naik minggu lalu ke level tertinggi sejak November 2017, karena pemurnian atau pengilangan mengurangi produksinya ke terendah sejak Oktober 2017, Badan Informasi Energi AS (EIA) mengatakan.

Kenaikan terjadi meskipun impor neto jatuh, yang turun ke rekor terendah, karena produksi minyak mentah domestik tetap pada level puncak untuk minggu kelima berturut-turut.

Minyak mentah berjangka Brent ditutup naik 1,19 dolar AS atau 1,9 persen, menjadi 63,61 dolar AS per barel. Acuan global ini sempat menyentuh tertinggi sesi di 63,98 dolar AS, tetapi mundur kembali setelah data EIA dirilis.

Sementara itu, minyak mentah berjangka AS, West Texas Intermediate (WTI) naik 80 sen AS atau 1,5 persen, menjadi menetap di 53,90 dolar AS per barel, setelah menyentuh tertinggi 54,60 dolar AS di awal sesi.

“Laporan ini ‘bearish’,” kata Phil Flynn seorang analis minyak di Price Futures Group di Chicago. “Pasar bertahan naik karena faktor di luar pasar, harapan untuk kesepakatan perdagangan, dan Dow yang kuat,” katanya.

(Abdul Hamid)