Kampung Akuarium, Penjaringan, Jakarta Utara

Jakarta, Aktual.com-Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) bersikeras jika dirinya tetap akan menggusur Kampung Akuarium, Penjaringan, Jakarta Utara.

“Kita akan minta bereskan. Kalau mereka bilang Pak Anies janji tidak bongkar, ya tunggu Pak Anies baru bangun (bangunan),” tegas Ahok kepada Media di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (4/5/2017).

Soal peruntukan Kawasan Kampung Akuarium pasca penertiban kedua. Ahok sendiri belum memperjelas terkait peruntukannya, dirinya mengaku masih menunggu kajian lebih lanjut untuk menjadikan lokasi tersebut sebagai cagar budaya.

“Kita lagi tunggu kajian untuk cagar budaya,” kilah Ahok.

Sebelumnya kata dia pada bulan April lalu, Kampung Akuarium akan dibangun alun-alun dan plaza.

Tetapi hingga kini tak juga dilakukan pembenahan, Ahok pun beralasan jika hal itu karena ada barang cagar budaya dan fondasi bangunan serta jembatan di lokasi.

“Nggak berani sembarangan, itu sudah turun (tanahnya). Kalau nggak ada itu, kayak Kalijodo, langsung selesai tujuh bulan. Kali Besar Barat juga mandek (karena) ketemu fondasi di Kali Besar bawah. Itu nggak bisa tutup semen kalau sudah ketemu barang cagar budaya seperti itu,” cetus Ahok.

Pewarta : Gespy kartikawati Amino

(Dedy Kusnaedi)