Jakarta, Aktual.com – Ganda putra Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan mengaku tidak menyangka bisa lolos hingga babak semifinal Kejuaraan Dunia 2022 dan bertemu dengan rekan senegara Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto untuk memperebutkan tempat di final di Tokyo, Sabtu.

“Kami tidak menyangka bisa melangkah sejauh ini, terasa jadi kejutan juga. Tapi kami tetap fokus untuk besok,” ucap Ahsan dalam keterangan resmi PP PBSI di Jakarta, Jumat.

Laga antara the Daddies dan Fajar/Rian akan menjadi pengulangan semifinal Kejuaraan Dunia 2019 yang berlangsung di Basel, Swiss. Saat itu The Daddies mengalahkan juniornya 21-16, 15-21, 21-10 dan akhirnya keluar sebagai juara dunia untuk ketiga kalinya.

Namun dari pertemuan terakhir kedua pasangan yang terjadi Juli lalu di babak final Malaysia Masters, Fajar/Rian mengungguli seniornya dengan skor 21-12, 21-19.

“Bertemu Fajar/Rian kan sudah sering di latihan, jadi sudah pasti tahu kelebihan dan kelemahan masing-masing. Jadi kami akan kasih yang terbaik untuk besok,” ujar Hendra.

The Daddies lolos ke babak semifinal usai menaklukkan wakil India, M.R. Arjun/Dhruv Kapila dalam dua gim langsung 21-8, 21-14.

“Empat dari tiga pertemuan sebelumnya kami selalu bermain┬árubber game┬ádengan mereka walau akhirnya menang. Itu menjadi perhatian kami untuk laga ini. Kami belajar dari pertemuan terakhir di Singapura, jangan sampai banyak mati sendiri dan bermain menyerang duluan,” jelas Hendra.

Sedangkan Fajar/Rian melaju ke semifinal berbekal kemenangan dua gim langsung atas ganda putra Inggris, Ben Lane/Sean Vendy, dengan skor 21-11, 21-16.

Masih ada dua wakil Indonesia yang akan berlaga di babak perempat final hari ini. Keduanya berasal dari nomor tunggal putra yaitu, Anthony Sinisuka Ginting yang akan berhadapan dengan Viktor Axelsen (Denmark), dan Jonatan Christie yang menantang wakil Taiwan, Chou Tien Chen.

(Antara)

(Dede Eka Nurdiansyah)