Jakarta, Aktual.com – Jelang pelantikan presiden Joko Widodo yang kedua, sejumlah kalangan akademisi meminta kepada Presiden Joko Widodo untuk tidak mengangkat kembali menteri-menterinya, karena mereka tidak perform selama berada di Kabinet Kerja I.

Forum Akademisi untuk Demokrasi menilai sekitar 75% menteri era pemerintahan Jokowi periode pertama, jelek kinerjanya. Dalam penilaian para akademisi ini, hanya ada empat menteri yang pantas untuk diangkat kembali, baik tetap di posnya maupun duduk sebagai menteri koordinator.

Mereka yang pantas diangkat kembali adalah Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.

Penilaian terhadap para menteri itu menggunakan berbagai parameter, seperti serapan anggaran, pandangan publik, manajerial dan subyektivitas para akademisi atas dasar kepakaran mereka.

Para akademisi yang memberikan penialai juga dari berbagai disiplin ilmu. Namun, ada sejumlah menteri yang tidak diberikan penilaian (N/A) karena akademisi yang memiliki kepakaran atas bidang tersebut tidak hadir dalam diskusi yang diselenggarakan oleh Concern Strategic Think Tank.

(Abdul Hamid)