Wamena, Aktual.com – Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Jayawijaya Provinsi Papua akan mengirimkan surat kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) untuk memohon bantuan mengatasi kesulitan layanan internet di daerah itu.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Kominfo Jayawijaya Haspida Pawakkangi saat di Wamena, Ibu Kota Kabupaten Jayawijaya, Kamis (29/4), mengatakan layanan internet yang layak merupakan kebutuhan masyarakat.

“Karena ini permintaan masyarakat, kerinduan masyarakat, kami akan mendukung dengan menyurat ke Kementerian Kominfo,” katanya.

Kebutuhan akses internet yang layak sudah menjadi dambaan masyarakat beberapa tahun terakhir ini.

“Ketika ada kebijakan pemerintah pusat Palapa Ring Timur, besar harapan kami kendala layanan internet bisa terjawab. Namun setelah peluncuran di akhir 2019, sampai pertengahan 2020 tidak ada kemajuan berarti untuk peningkatan akses internet tersebut,” katanya.

Masyarakat masih terus menanyakan dan menunggu layanan internet yang memadai di kabupaten ini.

“Mereka bertanya karena internet merupakan kebutuhan vital pada masa pandemi corona,” katanya.

Berdasarkan pantauan, sebagian besar distrik di Jayawijaya belum bisa atau tidak memiliki layanan internet maupun telepon. Selama ini hanya di sekitaran pusat kota yang tersedia layanan internet, namun tetap saja dikeluhkan warga.

(Warto'i)