Jakarta, Aktual.com – Aktor senior Urip Arpan meninggal dunia pada Kamis (29/7) dalam usia 74 tahun. Kabar duka tersebut dikonfirmasi Ketua Humas Persatuan Artis Indonesia (PARFI) Evry Joe kepada Wartawan di Jakarta, Kamis (29/7).

“Kami dari Persatuan Artis Film Indonesia merasa berduka sedalam-dalamnya atas berpulangnya Bang Urip Arpan ke Yang Maha Kuasa,” kata Evry.

Evry mengaku kehilangan dan mendoakan aktor Betawi tersebut.

“Kami merasa kehilangan. Kami berdoa, semoga beliau berpulang dengan khusnul khatimah, diampunkan segala dosanya,” tambahnya.

Urip pertama kali menunjukkan kemampuan aktingnya melalui film garapan Sjuman Djaja berjudul “Laila Majenun” (1975). Sejak debutnya itu, terhitung ada 51 film yang telah ia bintangi.

Film-film lain yang membuat namanya bersinar di kancah seni peran di antaranya “Si Doel Anak Modern” (1976), “Bodoh-bodoh Mujur” (1981), “Mat Pelor” (1990), dan “Emak Ijah Pengen Ke Mekah” (2013).

Selain film, aktor berwajah mirip Benyamin Sueb tersebut juga bermain di beberapa sinetron televisi, seperti “Juki” bersama David Chalik dan Jihan Fahira (2002) dan “Cinta Bujur Sangkar” (2003).

“Selama hidup beliau mengabdi di dunia seni peran. Semoga karya-karya beliau menjadi ladang amal untuknya serta keluarga yang ditinggalkan tabah menerima kepulangan beliau,” pungkas Evry. (Antara)

(As'ad Syamsul Abidin)