Vaksinasi Covid-19 anak usia 6-11 tahun

Kulon Progo, Aktual.com – Puluhan orang tua di Kulon Progo, Yogyakarta menolak untuk divaksin. Penolakan tersebut didasari alasan agama dan menunggu vaksin produksi dalam negeri. Menurut Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kulon Progo, Fajar Gegana bahwa jumlah orang tua di Kulon Progo yang menolak anaknya divaksin ada sebanyak 87 orang.

“Terkait dengan penolakan ini, kami di Dinas akan melakukan edukasi melalui tokoh masyarakat, tokoh agama dan dinas pendidikan supaya bersedia melakukan vaksinasi,” ujarnya ditulis Ahad (9/1).

Dengan adanya penolakan tersebut, Dinas Kesehatan Kulon Progo hanya bisa melakukan upaya persuasif berupa edukasi kepada orang tua tentang pentingnya vaksin sebagai cara mencegah penularan virus Covid-19.

Berdasarkan catatan gugus tugas ada sekitar 4.000 anak usia 6-11 tahun yang belum melaksanakan vaksinasi dengan berbagai sebab. Ada 2.000 anak belum divaksin karena tidak datang ke lokasi penyuntikan, 1.800 anak belum dapat divaksin karena sedang sakit serta ada 87 anak menolak untuk melakukan vaksinasi.

(Andy Abdul Hamid)