Jakarta, Aktual.com – Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin mengatakan, lonjakan penumpang pada masa angkutan Natal dan Tahun Baru mulai terjadi pada Jumat (22/12).

“Jumlah penumpang pada masa angkutan Natal dan Tahun Baru yang berlangsung mulai 22 Desember 2017 hingga 8 Januari 2018,” ujar Awaluddin di Jakarta, Sabtu (23/12).

Awaluddin memperkirakan bahwa pada masa angkutan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 akan mengalami peningkatan sekitar 11 persen menjadi 4,43 juta penumpang dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu, yaitu 3,99 juta penumpang.

Menurut Awaluddin, peningkatan jumlah penumpang ini dipastikan akan terjadi karena adanya sejumlah terminal baru di 13 bandar udara yang dikelola AP II.

Sepanjang 2017, beberapa bandara sudah mengoperasikan terminal baru seperti Terminal 3 rute internasional Bandara Internasional Soekarno-Hatta Tangerang, terminal baru Bandara Internasional Husein Sastranegara Bandung, terminal baru Bandara Depati Amir Pangkal Pinang, terminal baru Bandara Internasional Supadio Pontianak, dan yang terakhir terminal baru Bandara Internasional Silangit, Tapanuli Utara.