Banten, Aktual.com – Pihak kepolisian melakukan pembatasan jumlah masyarakat yang menginginkan jalan-jalan ke tempat wisata seperti Pantai Anyer, Banten. Pasalnya animo masyarakat cukup tinggi saat libur lebaran sebelum memulai kembali aktifitas bekerja.

Pada hari terakhir libur lebaran dan tanggal merah 1 Juni 2020, sejumlah masyarakat memilih berkunjung ke Mercusuar Cikoneng yang merupakan salah satu destinasi wisata menarik di sekitar Tol Merak selain pantai Anyer Banten.

“Kita lihat dua tiga hari ini orang yang ingin menuju tempat wisata cukup tinggi animonya, tetapi kami batasi (jumlahnya). Karena juga di Spot pemandangan tertentu ini memberlakukan pembatasan semuanya,” kata Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono di kawasan Anyer, Banten, Senin (1/6).

Polisi melakukan pengaturan terhadap masyarakat yang berkumpul di kawasan Pantai Anyer yang sedang berwisata menghabiskan libur lebaran. Kemudian juga, kata Istiono, pihaknya juga sudah mulai mengenalkan tatanan kehidupan baru atau New Normal di wilayah Banten dan sekitarnya.

“Kapasitas konsentrasi tempat wisata dilakukan pengaturan oleh Polda Banten. Kemudian konsentrasi ekonomi termasuk area lain (di Banten) yang menjadi tempat  berkumpulnya massa itu mulai diperkenalkan New Normal, dari aspek lalu lintas dengan membatasi bila arena tersebut sudah memenuhi kapasitas,” ujar Kakorlantas Polri.
Selain itu, mantan Kapolda Bangka Belitung ini menuturkan bahwa Polisi secara situasional melakukan penebalan personel pengamanan di tempat wisata yang ada di masing-masing Polda dan Polres di sejumlah daerah di Indonesia.

“Nanti situasional (penebalan di tempat wisata), dilihat masing-masing polda setempat, seperti apa mereka memanage (mengatur), di mana yang perlu penebalan atau justru dialihkan. Nanti kapolda yang menilai dan mengelola itu semua, supaya kebijakan new normal berlangsung dengan baik,” tuturnya.

Lebih lanjut jenderal bintang dua ini menghimbau kepada masyarakat mulai saat ini harus sudah menyesuaikan dengan New Normal ketika masuk di arena manapun.

“Kita harus menata diri, misal mau berangkat jangan lupa pakai masker, kemudian jaga jarak, kalau perlu tidak usah boncengan dulu. Kalau boncengan hanya keluarga dan batasan tertentu, sering cuci tangan.”

“Itulah Protap-protap yang harus selalu dilakukan dan sudah terpatri di dalam diri masyarakat, untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19 dan bisa dihindari,” tegasnya.

Selain mengecek lokasi wisata Pantai Anyer yang ada di Serang, Banten, Kakorlantas Polri meninjau arus balik lebaran yang bertepatan dengan H+7.

Selama pengamanan arus Mudik dan balik Lebaran 2020, sama sekali tidak terjadi gangguan yang berarti. Pasalnya, lanjut dia, masyarakat sudah lebih bijak mengikuti imbauan imbauan Pemerintah agar tidak Mudik saat pandemi COVID-19.

“Itu artinya apa yang kami langkahkan di lapangan ketika arus Mudik kemarin dan arus balik sekarang ini dalam kondisi cukup terkendali dan landai. Arus lalu lintas cukup didominasi kendaraan logistik karena kendaraan yang memang punya izin,” tambah Istiono.

Diketahui, dalam pemantauan ini ada tiga lokasi yang ditinjau Istiono dan jajarannya. Ketiga lokasi itu adalah gerbang Tol Cikupa, pos check point Ciwandan, dan di Pos Pengamanan Mercusuar Anyer.

(Tino Oktaviano)