Jakarta, Aktual.co — Pada umumnya, Anda pasti mengetahui kapasitas dan kekuatan ponsel pintar atau gadget Anda sampai dimana masa habisnya. Dan, bagi pengguna smartphone juga tahu batasan apa yang harus dilakukan dalam memakai gadget Android atau smartphone. Sebagus dan sekuat apapun smartphone yang Anda punya, tetaplah ada batas kekuatan energi terhadap baterainya sendiri.

Setiap aplikasi yang kita miliki dalam smartphone atau ponsel bisa memboroskan baterai dan juga menurunkan kinerja perangkatnya. Dikutip dari Kompas, berikut 10 apliksi yang men-support borosnya baterai ponsel serta menurunkan kinerja ponsel Anda. Facebook berada dalam peringkat pertama yang terdeteksi oleh lembaga sekuriti AVG, yang pada bulan ini menganalisa perangkat Android dari satu juta pengguna aplikasinya.
1. Facebook
2. Path
3. 9GAG Funny Pics & Videos
4. Instagram
5. Spotify Music
6. BBM
7. QQ
8. textPlus Free Text & Calls
9. Wattpad Free Books & Stories
10. iFunny 🙂

Sepuluh aplikasi jejaring sosial tersebut kerap melakukan koneksi untuk memeriksa notifikasi yang masuk. Bahkan, ketika aplikasinya sendiri sedang tidak digunakan pengguna. Aplikasi chatting yang sering digunakan seperti BBM, Path dan juga Instagram juga yang paling besar menyedot sumber energi dan daya pada baterai.

Tak hanya itu, games yang terdapat pada ponsel smartphone juga menghabiskan kekuatan baterai. Berdasarkan penelusuran AVG mayoritas pengguna Android menghabiskan 62 persen waktu penggunaan perangkat (Tablet atau smartphone) untuk bermain game. Berikut daftar game yang mampu menghabiskan kinerja baterai.
1. Puzzle & Dragons
2. Hay Day
3. Candy Crush Saga
4. Minecraft – Pocket Edition
5. Cookie Jam
6. pet Rescue Saga
7. Clash Of Clans
8. Bubble Witch 2 Saga
9. Farm Heroes Saga
10. Angry Birds
Selain itu, ada juga sederet aplikasi lain yang membuat baterai cepat boros. Lagi-lagi Facebook muncul dalam daftar ini. Di urutan keenam disusul oleh Path. Tiga aplikasi Samsung, yakni AllShareCast, Chaton, dan WatchOn, masuk dalam urutan-urutan teratas aplikasi pemboros daya.

()